Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kapal Asing Teror Balik Nelayan Anambas

Warta Ekonomi -

WE Online, Batam – Pasca aksi heroik prajurit TNI Angkatan Laut yang menenggelamkan 3 kapal pencuri ikan asal Vietnam di laut Anambas Provinsi Kepri, Jum’at (5/12/2014) lalu. Kini, gentian kapal asing yang meneror dan menyerang balik kapal penangkap ikan milik nelayan Anambas.

Aksi teror kapal asing itu dialami 3 nelayan tradisional Anambas, Mawardi, Mula dan Lim, Minggu malam (7/12/2014) sekitar pukul 19.00 WIB, di posisi titik koordinat 04.22XXB 105.09 T. Tepatnya sebelah barat Kota Tarempa sekitar 4-5 mil dari pulau terdekat.

Malam itu, ketiganya melaut dengan menggunakan kapal tradisional Kuda Laut berukuran 5GT. Di titik koordinat tersebut, ketiganya berpapasan dengan sebuah kapal asing asal Thailand berwarna biru diperkirakan berukuran 60-70 GT yang mengejar dan berniat menghantam kapal nelayan lokal asal Desa Belibak, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Karena melihat ancaman dari kapal Thailand itu, maka ketiganya mengambil langkah penyelamatan. “Saya belok-belokan kapal saya, kapalnya kan susah belok jadi nggak bisa mereka nabrak saya. Itupun mereka terus mengejar kami. ABK-nya juga menyoroti kami dengan lampu sorot kapal mereka,” tutur Mawardi.

Namun kecepatan kapal miliknya kalah jauh dengan kecepatan kapal asing itu. Untungnya, dengan cara bermanuver di tengah laut akhirnya ia dapat lolos dari kejaran kapal asing itu. Saat terjadi kejar-kejaran itu, mereka pun meminta bantuan kepada rekan-rekan lainnya yang juga berada 8 mil dari tempat mereka dikejar melalui radio.

Rupanya, kapal Thailand itu sudah berambisi untuk menenggelamkan kapal nelayan tradisional Anambas itu. Buktinya, mereka tak berhenti memacu kapal miliknya untuk mengejar kapal Mawardi. “Saya sudah matikan lampu di kapal saya, tapi saya lupa matikan lampu yang kelap-kelip di atas kapal. Lalu saya matikan lampunya sehingga mereka (kehilangan jejak. Itu pun mereka terus menyoroti dengan lampu sorot mereka,” tambahnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: https://wartaekonomi.co.id/author/saibansah
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: