Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rusia-Hungaria Sepakati Kerja Sama PLTN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Hungaria dan Rusia menyepakati kerja sama pembangunan dua pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pada Selasa (9/12/2014).

Dua PLTN ini akan dibangun di Hungaria dengan menggunakan teknologi nuklir milik Rusia. Penandatanganan dilakukan oleh CEO MVM Paks II Nuclear Power Plant Development Ltd Sándor Nagy dari Hungaria bersama dengan Senior Vice President-Direktur JSC NIAEP cabang Moskow Vladimir Savushkin yang merupakan bagian dari Rosatom, BUMN milik Rusia.

Kesepakatan ini tertuang dalam tiga buah dokumen utama. Pertama, kerja sama yang mencakup penyediaan teknologi, pasokan perlengkapan, dan pembangunan konstruksi untuk dua pembangkit listrik baru dengan periode hingga 12 tahun ke depan. Dua PLTN yang akan dibangun itu adalah tipe reaktor VVER-1200 yang merupakan teknologi Rusia.

Adapun dokumen kedua adalah kerja sama operasional dan pemeliharaan untuk dua PLTN tersebut. Dokumen yang ketiga mencakup kesepakatan suplai bahan bakar untuk pembangkit yang akan dibangun itu.

"Kontrak yang sangat penting bagi kedua pihak (Rusia dan Hungaria) telah ditandatangani setelah melalui proses yang panjang dalam lima bulan terakhir," ujar Komisioner pemerintah Hugaria Attila Aszódi kepada rekan media.

Dia menekankan PLTN dengan total investasi sebesar 12,5 triliun euro ini akan tetap dimiliki oleh pemerintah Hungaria.

Sebelumnya, pada 14 Januari 2014 lalu Rusia dan Hungaria telah menandatangani perjanjian kerja sama penggunaan energi atom untuk tujuan damai. Pada perjanjian awal itu memang telah disepakati Rosatom akan membangun dua pembangkit listrik di Paks.

PLTN di Paks ini menjadi satu-satunya pembangkit dengan kapasitas dua gigawatt dan menghasilkan 42 % aliran listrik di Hungaria. Dalam membangun pembangkit listrik ini Rusia akan memberikan pinjaman kepada pemerintah Hungaria.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: