Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dari India Wadhwani Foundation Luncurkan NEN-Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wadhwani Foundation dari India masuk ke Indonesia untuk mengembangkan Nasional Enterpreneurship Network- Indonesia (NEN) berbasis universitas di negeri ini. demikianlah dedikasi Wadhwani Foundation untuk kemajuan kewirausahaan di Indonesia yang diumumkan di Jakarta, Kamis (11/12/2014). Di Indonesia NEN  mengandeng Business Innovation  Centre (BIC). NEN akan menyiapkan strategi yang sistematik dan terstruktur untuk membangun ekosistem kewirausahaan di Indonesia dan bersama BIC akan mensinergikan jejaring dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing untuk mempromosikan kewirausahaan dan inovasi dikalangan akademik dan professional.

Seperti diketahui Wadhwani Foundation telah mencetak sukses dalam membangun ekosistim  kewirausahaan berbasis universitas di India serta memiliki  himpunan pengetahuan dan pengalaman yang tersebar dikalangan akademisi,mentor bisnis, investor dan organisasi-organisasi pendukung lainnya. Program ini aktif di India selama 10 tahun, fokusnya menciptakan lapangan kerja,wirausahawan muda di kalangan mahasiswa

“Cita-cita kami untuk dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya mendongkrak jumlah wirausahawan Indonesia dari saat ini seekitar 500 ribu ke tingkat 5 juta orang atau 2 persen dari jumlah penduduk. Kemitraan ini bisa membantu kita dalam mencapai impian itu.” Ujar Kristanto Santoso, Direktur Eksekutif  BIC.

Sunita Singh Vice President Wadhwani Foundation mengatkan melalui kerjasama ini  akan memungkinkan   kami  berhubungan dengan  para pemangku kepentingan  kewirausahaan Indonesia , termasuk tentunya  pemerintah, dunia akademik , wirausaha  Indonesia yang semuanya  merupakan  komponen dari ekosistim kewirausahaaan Indonesia.

" Kami  berharap  melalui pengalaman  dan teknologi  pengembangan kewirausahaan  Wadhwani Foundation , dapat mempercepat perkembangan kewirausahawan baru di perbagai penjuru negeri yang selanjutkan akan  dapat mendukung  berbagai potensi inovasi kewirausahaan Indonesi,” tutur Sunita.

Untuk tahap awal ini kemitraan NEN dan BIC telah memilih 15 universitas di Indonesia untuk bekerja sama dan terlibat dalam pengembangan kewirausaan ini.

Melalui kerjasama ini  Kata Kristanto BIC  berharap akan belajar dari pengalaman NEN dalam mengkosolidasikan  seluruh upayanya,untuk dapat membangun ekosistim yang hidup dan bergairah , yang tidak saja penting  bagi kewirausahaan di Indonesia, tapi juga akan membantu perkembangan bisnis dan perekonomian jangka panjang.

Wadhwani Foundation didirikan oleh Dr. Romesh Wadhwani bertujuan untuk ikut membantu percepatan ekonomi di Negara berkembang melalui penciptaan lapangan kerja secara besar-besaran dan meningkatkan kompetensi berwira usaha. Tahun 2003 Wadhwani Foundation mendirikan NEN dan saat ini telah berhasil membangun jejaring 600 perguruan tinggi, 4000 orang mentor bisnis dan 3,200 dosen di India yang secara terus menerus menginspirasi, mendidik dan membina para wirausahawan baru dan berbasis pemula.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: