Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ssst... Tidak Banyak yang Tahu Sektor Ini Beri Keuntungan Besar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Investasi di sektor pertanian merupakan investasi menguntungkan yang belum banyak diketahui orang.

"Investasi di agro itu investasi yang sehat karena untungnya besar, tanah menjadi produktif. Ini peluang yang belum banyak orang lihat," kata praktisi investasi Ryan Filbert saat dihubungi di Jakarta, Minggu (14/12/2014).

Menurut dia, banyak tanah di Indonesia yang masih terbengkalai sehingga sangat berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai lahan yang produktif. Ia mencatat bahwa rata-rata biaya sewa tanah per tahun di Indonesia terhitung murah. "Harga sewa satu hektar tanah paling mahal Rp4 jutaan," katanya.

Bila dibandingkan dengan hukum investasi di pasar modal, berinvestasi di agrobisnis berbanding terbalik baik dari sisi risiko maupun keuntungan.

"Kalau di pasar modal itu, high risk, high gain. Kalau di pertanian, waktunya semakin lama, maka risiko semakin kecil tapi keuntungan semakin besar," kata dia.

Meski demikian, untuk terjun di agrobisnis, investor pemula harus mempelajari beberapa hal dulu. Hal itu penting agar investor tidak mengalami penipuan oleh orang lain.

Dikatakannya, seorang investor pemula dalam memulai usaha pertaniannya, disarankan untuk bermitra atau mencari konsultan. Selain itu harus diketahui dulu tanaman apa yang umumnya ditanam di daerah tersebut. Kondisi tanah juga harus diketahui cocoknya untuk tanaman apa," katanya.

Untuk pemula, menurut dia, disarankan agar memulai usaha dengan skala kecil dan memilih tanaman yang cepat panen. Selain itu juga harus dipastikan ada pasar yang akan menyerap hasil panen.

Ia menambahkan, meski berperan sebagai investor, sang investor juga tetap harus bersedia melakukan pengawasan secara langsung. "Kalau nggak dimonitor, sulit. Nanti bisa dipanen orang lain," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: