Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belakangan Ini SBY Sedang Galau, Ada Apa?

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kupang Ahmad Atang menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sedang galau, jika perppu pilkada tidak lolos dalam pembahasan di parlemen Januari 2015 mendatang.

"Reaksi spontan dari Partai Demokrat melalui Ketua Umum SBY, yang menemui Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk meminta dukungan perppu dan pada saat yang lain SBY juga bertemu ARB, menggambarkan SBY sedang galau," kata Ahmad Atang, di Kupang, Senin (15/12/2014), terkait reaksi Demokrat menyikapi hasil Munas Bali yang menolak perppu.

Dia mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat SBY galau karena ada konflik di internal PPP dan Golkar yang mengancam perppu "Jadi bagi saya, langkah SBY merapat ke KIH adalah sebuah pilihan rasional, karena dari awal KIH tetap konsisten dengan sikapnya yang mendukung perppu pilkada," katanya.

Menurut dia, bola panas soal perppu saat ini sedang dimainkan oleh KIH. Dengan sikap ARB yang tidak konsisten dan SBY dan Demokrat yang galau, sangat menguntungkan KIH. Karena itu, hasil akhir dari perppu jika diterima maka yang diuntungkan secara politik adalah KIH, bukan Demokrat dan SBY dan bukan pula KMP.

Dengan demikian, boleh jadi KIH menjadi arena baru bagi Demokrat. Selain KIH memiliki kekuasaan juga relatif solid dengan komitmen. Disisi lain, kata dia, KMP akan semakin rentan untuk pecah dan dipecahkan karena adanya dualisme kepemimpinan di parpol anggota KMP.

"Hal inilah menurut saya akan mengubah sikap SBY ke KIH. Walaupun KMP pada akhirnya harus mendukung perppu, namun SBY dan Demokrat akan lebih nyaman dengan KIH," katanya.

Bagi KIH, merapatanya Demokrat akan menambah energi politik baru, namun KIH tetap melihat Demokrat sebagai penghambat terganjalnya agenda KIH yang lalu.

"Partai Demokrat dengan kekuatan yang cukup signifikan tetap penting untuk mengawal pemerintahan di parlemen," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: