Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dishub DKI Klaim Hari Pertama Pelarangan Sepeda Motor Sukses

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan penerapan di hari pertama uji coba zona bebas motor di Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat berjalan lancar.

Meskipun demikian, harapan Pemprov DKI untuk mengalihkan para pengguna sepeda motor agar menggunakan transportasi umum dinilai oleh Akbar masih jauh dari harapan sebab sejumlah kendaraan umum seperti bus tingkat masih terlihat kosong.

"Hari pertama berjalan lancar. Bus tingkat pun masih kosong, belum banyak diminati, karena ini hari pertama sehingga banyak masyarakat belum terinformasi dan belum beradaptasi dengan peraturan baru. Ini perlu waktu," kata Akbar di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Akbar menambahkan bahwa di hari pertama penerapan uji coba pelarangan sepeda motor itu tidak diberlakukan sanksi tilang bagi pengendara yang melanggar. Menurutnya, petugas yang dikerahkan pun hanya untuk mengarahkan pengendara sepeda motor agar tidak melewati kedua jalan yang dilarang tersebut.

"Kalau penindakan hukum terutama tilang, akan dilakukan oleh kepolisian dan diberlakukan secara efektif satu bulan sejak diumumkan. Dalam uji coba satu bulan ini kami hanya persuasif. Kami terus memberikan informasi kepada masyakarat agar tidak boleh melintasi Jalan Thamrin hingga Medan Merdeka Barat dengan sepeda motor. Mereka akan diarahkan untuk melewati jalan-jalan yang paralel dengan Jalan Thamrin," paparnya

Dia pun menambahkan bahwa pada hari pertama pemberlakuan kebijakan pelarangan sepeda motor, Rabu (17/12/2014), arus lalu lintas di ruas Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat terlihat ramai lancar. Kendati demikian, dishub masih mendapati pengendara motor yang memarkir kendaraannya di parkir liar.

"Untuk sementara waktu selama transisi ini, tapi pada akhirnya nanti akan ditindak juga karena pada dasarnya setiap pelanggaran tidak boleh ada toleransi. Kita belum akan melakukan penindakan terhadap parkir liar ini. Tapi, kita imbau dengan keras agar tidak melanggar," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: