Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rupiah Melemah, BI: Hanya Sementara

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melihat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi akhir-akhir ini tidak perlu dikhawatirkan. BI melihat situasi ini hanya bersifat sementara. Demikian pandangan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara saat dimintai tanggapannya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Menurutnya, apa yang terjadi pada nilai tukar rupiah merupakan imbas dari situasi pasar keuangan internasional yang sedang bergejolak. "Ekonomi China melambat, harga minyak yang turun, ekonomi Rusia yang collaps, dan ekonomi AS yang membaik. Jadi, ini hanya sementara saja," kata Mirza.

Ia mengatakan hal yang terpenting adalah Indonesia tidak perlu khawatir apalagi panik dengan situasi ini dan lebih mempersiapkan kebijakan-kebijakan yang akan memperkuat fundamental perekonomian Indonesia Baca juga: Mata Uang Dolar Menguat Akibat Pulihnya Ekonomi AS.

"Seperti kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang mengandung prinsip kehati-hatian (prudent), kebijakan investasi yang bagus, perizinan satu pintu, serta berusaha meningkatkan hasil ekspor dari perikanan. Kalau semua itu dilakukan maka keadaan akan kembali pulih," tegasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: