Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi: Jangan Terlalu Bangga dengan Sumber Daya Alam

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia ke depan jangan terus membanggakan potensi sumber daya alamnya apabila tidak mampu mengelolanya dengan baik.

"Negara yang maju, provinsi yang maju, kota yang maju tidak bergantung pada sumber daya alam. Karena ini sering kita agung-agungkan bahwa kita punya kandungan minyak yang besar, batu bara dan gas," kata Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014 di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Presiden lantas mencontohkan beberapa negara yang melesat maju dalam perekonomian global, tetapi justru negara tersebut minim dalam sumber daya alam. "Negara-negara seperti Singapura, Korea Selatan, dan Jepang, yang tidak memiliki kekayaan sumber daya alam namun bisa meloncat maju," paparnya.

Menurut Jokowi, hal terpenting yang harus dimiliki adalah adanya kebijakan publik yang baik dan benar. "Hanya itu kuncinya, tidak ada yang lain. Kalau ada sebuah kebijakan publik yang benar dan tepat akan majulah sebuah negara tersebut," katanya.

Untuk itu, ia mengingatkan agar pengambil kebijakan di daerah memiliki gagasan dan visi yang besar, tetapi untuk memulainya boleh dimulai dari yang kecil-kecil terlebih dahulu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: