Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi: RI Punya Kemampuan untuk Swasembada Pangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Salah satu prioritas Presiden Joko Widodo dalam lima tahun mendatang adalah mencapai kedaulatan pangan. Hal itu ditegaskannya kembali saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014 di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

"Kita negara agraris, tetapi faktanya semua kita impor. Mulai dari beras, gula, kedelai, jagung, dan komoditas lainnya. Padahal, ada potensi dan kemampuan untuk swasembada sendiri," kata Jokowi.

Menurutnya, salah satu persoalan mengapa Indonesia sulit mencapai swasembada pangan adalah karena tidak adanya kebijakan publik yang baik dan tepat. "Oleh sebab itu, ke depan saya sudah perintahkan langsung kepada Menteri Pertanian agar tiga tahun kita swasembada pangan," tegasnya.

Sebagai rencana awal, untuk tahun depan pemerintah menargetkan swasembada untuk komoditas beras. Lalu dilanjutkan tahun berikutnya untuk komoditas gula, jagung, dan komoditas pangan lainnya.

Untuk itu, dalam lima tahun mendatang pemerintah akan membangun 49 waduk di mana tahun depan akan dimulai dengan membangun 13 waduk terlebih dahulu.

"Kemudian irigasi. Target tahun depan satu juta hekktar irigasi harus sudah baik semua. Kalau irigasi dan waduk semua bisa kita selesaikan yang namanya kedaulatan pangan tidak akan jauh," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: