Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajak Nelayan Melek Keuangan, OJK 'Blusukan' ke Indramayu

Warta Ekonomi -

WE Online, Indramayu - Tak mau kalah dengan Presiden Joko Widodo dan jajaran kabinet kerjanya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama lembaga jasa keuangan (LJK) juga melakukan hal yang sama untuk blusukan ke daerah-daerah di Indonesia. Kali ini mereka blusukan ke tempat pelelangan ikan (TPI) yang berada di tengah perkampungan nelayan di Desa Karangasong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (18/12/2014).

Blusukan OJK dan LJK tersebut untuk meluncurkan program yang dinamai Layanan Keuangan Mikro. Pada acara ini, 10 LJK diboyong ke TPI untuk "jemput bola memasarkan produk dan jasa keuangan mikro.

"Acara ini adalah follow up dari presiden, yakni kebutuhan keuangan mikro bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Diharapkan, layanan ini menjadi lebih terpadu bagi mereka dan memang khusus terutama dalam pengembangan sektor kemaritiman. Ini juga bentuk konkret dari komitmen OJK dan LJK untuk mendukung program nasional, khususnya untuk sektor maritim, pertanian, serta pemberdayaan masyarakat kecil dan UMKM melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad.

Lebih jauh, Muliaman berharap peluncuran Layanan Keuangan Mikro bisa membuka akses keuangan masyarakat, khususnya para nelayan di Desa Karangsong, Indramayu.

"Diharapkan melalui layanan ini para nelayan bisa lebih mudah dalam mengakses keuangan. Oleh karena itu, edukasi dan penetrasi harus terus dikembangkan. Di infrastruktur kita sudah ciptakan layanan keuangan tanpa kantor. Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih pada seluruh LJK mudah-mudahan ikhtiar bersama kita ini bisa membuka akses keuangan secara bertahap," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muliaman beserta Kepala Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani, anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono, Ketua Dewan Audit OJK Ilya Avianti, dan jajaran direktur memantau langsung kegiatan di pelelangan ikan yang menghasilkan omzet Rp 1 miliar per hari ini.

Tanya jawab tampak akrab antara mereka dan penjual ikan di sana. Bahkan, rombongan komisioner OJK menyempatkan diri berfoto bersama hasil ikan tangkapan para nelayan. Selain itu, para komisioner OJK juga tak segan meninjau kegiatan bongkar muat kapal nelayan di desa yang memiliki komunitas nelayan terbesar di Pantura.

Layanan Keuangan Mikro merupakan layanan produk dan jasa keuangan dari berbagai industri jasa keuangan yang bersifat low cost atau terjangkau oleh masyarakat golongan menengah ke bawah.

Berbagai produk Layanan Keuangan Mikro yang dihadirkan pada acara ini antara lain adalah, tabungan tanpa biaya administrasi, asuransi mikro yang nilai preminya di bawah Rp 50.000, reksa dana mikro yang nilai awal investasinya Rp 100.000, dan pembiayaan investasi logam mulia dengan cicilan ringan.

Peluncuran "Layanan Keuangan Mikro" ini merupakan rangkaian dari kegiatan "Pasar Keuangan Rakyat" yang akan digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, 20-21 Desember mendatang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: