Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Harap Masyarakat Lebih Melek Jasa Keuangan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama lembaga jasa keuangan (LJK) menyelenggarakan kegiatan Pasar Keuangan Rakyat 2014 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara peluncuran layanan keuangan mikro yang sebelumnya telah diselenggarakan di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan kegiatan pasar keuangan rakyat merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan literasi produk jasa keuangan.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2013. PDB per kapita selama periode 10 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan masyarakat Indonesia semakin meningkat," kata Muliaman di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/12/2014).

Meskipun demikian, Hadad menilai peningkatan pendapatan itu tidak diikuti oleh pengelolaan keuangan yang baik dari masyarakat. Ia menjelaskan bahwa dari data BPS diketahui keinginan masyarakat untuk menabung akibat peningkatan pendapatan selama periode 2003-2012 cenderung menurun.

"Berdasarkan Suvei Nasional Literasi Keuangan OJK 2013, tingkat pengetahuan keuangan sebesar 21,84 persen atau baru sekitar seperlima penduduk Indonesia yang memiliki kategori well literate. Sedangkan, tingkat inklusi keuangan sebesar 59,74 persen yang notabene masih didominasi oleh penggunaan produk dan jasa keuangan sektor perbankan sebesar 57,28 persen; diikuti asuransi 11,81 persen; pembiayaan 6,33 persen; pegadaian 5,04 persen; dana pensiun 1,53 persen; dan pasar modal 0,11 persen," lanjutnya.

Muliaman menambahkan kegiatan pasar keuangan rakyat ini diikuti oleh 244 pelaku usaha jasa keuangan dari enam industri keuangan dan lembaga/asosiasi yang terdiri dari 70 bank, 61 perusahaan asuransi, 52 perusahaan sekuritas dan manajer investasi, 40 perusahaan pembiayaan, satu dana pensiun lembaga keuangan, serta 19 lembaga lainnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: