Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Kongres PAN Tetap Solid

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang-Ketua Majelis Pertimbangan (MPP) Partai Amanat Nasional Amien Rais menegaskan seluruh kader dan pengurus partainya tetap solid menjelang pelaksanaan kongres pada 2015.

"Insya Allah, saya tahu sekali. Saya pendiri PAN. Saya mengetahui detail-detail PAN ini, Insya Allah dari Tanah Rencong Aceh sampai Papua. Saya juga Ketua MPP jadi punya laporan," katanya di Semarang, Sabtu (20/12/2014).

Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri ujian promosi disertasi doktoral bidang ilmu ekonomi Taufik Kurniawan yang juga Sekretaris Jenderal DPP PAN di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Amien mengakui ada tiga kandidat yang akan bersaing memperebutkan posisi Ketua Umum PAN periode mendatang, yakni Hatta Rajasa (incumbent), Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI), dan Dradjat Wibowo.

"Masing-masing tentu sebagai manusia punya plus-minus. Tetapi, yakinlah PAN adalah partai yang sangat solid. Ketiga-tiganya bersaing, tetapi persaingan kekeluargaan dan semangat saling isi-mengisi," katanya.

Jadi, kata dia, tidak pernah dibayangkan kalau pada Kongres Ke-IV PAN nanti akan sampai terjadi konflik yang membuat keretakan di tubuh parpol karena parpol berlambang matahari itu sangat solid.

Ia menegaskan Kongres PAN yang berlangsung pada 2015 itu akan menjadi ajang rotasi kepemimpinan yang biasa dan siapa pun yang menjadi pemenangnya, yakni ketua umum akan merangkul seluruh pihak.

"'The winner takes all' (pemenang mengambil semua, red.) yang kemudian pesaingnya tidak diakomodasi, tidak akan berlaku. Saya sejak dulu sudah menyatakan seperti itu. PAN adalah partai yang sehat," katanya.

Berkaca dari penyelenggaraan kongres pertama, kedua, dan ketiga PAN yang berlangsung lancar, ia optimistis penyelenggaraan Kongres IV PAN nantinya juga akan berlangsung dengan baik dan lancar.

"Kongres I PAN bagus, Kongres II juga bagus, nanti Kongres IV Insya Allah juga bagus. Kalau untuk ketiga kandidat, saya tidak boleh berpendapat. Biarkan mereka bersaing secara utuh," kata Amien.

Sebelumnya, Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy mengungkapkan ada tiga kandidat calon ketua umum PAN periode 201-2020 yang akan bertarung di Kongres IV PAN pada 2015. (Ant)

"Kongres IV PAN sekitar bulan Maret atau April 2015. Yang muncul ada Zulkifli (Hasan), Hatta (Rajasa), dan Dradjad (Wibowo)," kata Tjatur.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: