Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penumpang Hang Nadim Diprediksi Meningkat 10 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Batam - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan jumlah penumpang saat Hari Raya Natal 2014 dan libur Tahun Baru 2015 meningkat 10 persen dibanding hari-hari biasa.

"Melihat dari penuhnya penerbangan termasuk penambahan penerbangan oleh Lion Air, kami perkirakan jumlah penumpang akan naik sekitar 10 persen," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Senin (22/12/2014).

Suwarso mengatakan, pada hari-hari biasa jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai sekitar 14 ribu penumpang. Sementara untuk hari-hari besar termasuk Natal dan tahun baru bisa mencapai 16-18 ribu penumpang per hari yang dilayani dengan sekitar 120 penerbangan.

"Meski hari ini (Senin) belum begitu nampak peningkatan. Namun pemesanan tiket beberapa hari kedepan meningkat signifikan. Rata-rata maskapai menyatakan semua kursi terisi," kata dia.

Suwarso mengatakan mulai Selasa (23/12/2014) peningkatan penumpang akan mulai terasa khususnya yang akan meninggalkan Batam dengan tujuan Medan, Surabaya, Pekanbaru, Pontianak.

"Berdasarkan pengajuan, Lion Air sebenarnya mulai hari ini menambah frekuensi penerbangan ke Medan, Surabaya dan Pekanbaru. Namun nampaknya baru besok akan diberlakukan," kata Suwarso.

Maskapai Lion Air mengajukan tambahan penerbangan tujuan Pekanbaru, Medan, dan Surabaya dari penghubung (hub) mereka Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Ia mengatakan, untuk maskapai lain yang beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam seperti Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Citilink, Wings Air, Malindo, Firefly, belum mengajukan penambahan penerbangan.

"Hingga saat ini kami belum menerima pengajuan penambahan penerbangan maskapai selain Lion Air meski secara nasional maskapai-maskapai tersebut juga menambah penerbangan," kata Suwarso.

Suwarso mengatakan, meski tidak secara spesifik mengkhususnya bagi penerbangan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2015, Garuda Indonesia pada Jumat (19/12/2014) meresmikan dua penerbangan baru dari Batam menuju Bandung dan Surabaya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: