Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polisi Larang Peredaran Film 'Senyap'

Warta Ekonomi -

WE Online, Padang - Film "The Look of Silence" (Senyap) karya Sutradara Joshua Oppenheimer yang mulanya akan diputar perdana di bioskop Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akhirnya dilarang pihak kepolisian.

"Film Senyap tidak bisa diputar di bioskop karena belum lulus sensor, saat saya tanya ke tim memang lulus sensornya sedang diurus," kata David Darmadi selaku penyelenggara dari Komunitas Cinemama, di Padang, Rabu (24/12/2014).

Ia mengatakan, rencana pemutaran film gratis di bioskop Karia itu, hanya bermodalkan surat dukungan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham). Karena, menurutnya, sebelumnya film bercerita tentang tragedi 1965 itu sudah diputar dan ditonton publik di Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang dan LBH Pers.

Pemutaran film di bioskop, kata David, dilarang pihak kepolisian sesuai Pasal 80 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1994 tentang Lembaga Sensor Film. Dalam Pasal 80 Undang-Undang Perfilman menyebutkan, pemutaran film yang tanpa lulus sensor terancam pidana penjara maksimal dua tahun atau membayar denda maksimal Rp 10 miliar.

Seorang calon penonton, Abdul Aziz (50) mengaku kecewa dengan pelarangan pemutaran film tersebut. Abdul yang juga ketua Barisan Relawan Jalan Perubahan Sumbar itu berharap bagaimana pun caranya, film "Senyap" bisa ia tonton. Akhirnya melalui pembicaraan dengan berbagai pihak, penonton dialihkan ke Kantor AJI Padang dan LBH Pers agar tetap bisa menonton film tersebut sekaligus diskusi mengenai sejarah.

Meskipun sempat ditegur oleh Ketua RT setempat, kegiatan nonton bareng itu berjalan lancar disaksikan seratusan lebih penonton. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: