Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Natal, Penumpang di Hang Nadim Membeludak

Warta Ekonomi -

WE Online, Batam - Jumlah penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, membludak dan diperkirakan mencapai 14-15 ribu orang sehari menjelang hari raya Natal 2014.

"Sejak pagi khususnya penumpang yang meningalkan Batam sangat banyak. Kami perkirakan kenaikan penumpang pada hari ini antara 1.000-1.500 orang," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Rabu (24/12/2014).

Ia mengatakan, harus mengoperasikan dua pintu keberangkatan mengantisipasi penumpukan calon penumpang. "Seluruh jadwal penerbangan khususnya yang meninggalkan Hang Nadim Batam dipenuhi oleh penumpang. Jadi siang tadi sempat terjadi kepadatan di depan pintuk keberangkatan," kata dia.

Suwarso mengatakan, masyarakat yang meninggalkan Batam bukan hanya untuk mudik merayakan Hari Raya Natal di kampung halman seperti Medan, Surabaya, Jakarta, ataupun Pekanbaru.

"Ada juga sebagian ingin meninggalkan Batam untuk berlibur ke daerah-daerah lain seperti Bandung, Yogyakarta. Jadi semua tujuan dari Batam penuh," kata Suwarso.

Ia memperkirakan, kepadatan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih akan terus terjadi hingga tahun baru 2015 mengingat liburan sekolah masih panjang.

"Lion Air masih menyiapkan tambahan penerbangan ke Medan, Surabaya dan Pekanbaru mengingat tingginya permintaan calon penumpang tujuan tersebut," kata dia.

Secara keseluruhan, pada musim libur akhir tahun 2014 diperkirakan akan ada kenaikan penumpang 12 persen dibanding hari-hari biasa.

Bandara Internasional Hang Nadim setiap hari rata-rata melayani 120 kali penerbangan berbagai tujuan dari sejumlah kota kawasan Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan internasional ke Malaysia. Bandara tersebut dikelola BP Batam bersama dengan Kementerian Perhubungan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: