Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BMKG Imbau Warga Malang Waspadai Angin Kencang

Warta Ekonomi -

WE Online, Malang - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengimbau masyarakat di wilayah Malang Raya untuk mewaspadai angin kencang selama beberapa hari ke depan hingga memasuki Tahun Baru 2015.

"Warga harus berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitasnya, terutama ketika berada di luar rumah. Sebab, wilayah Malang Raya bakal diguyur hujan deras yang disertai angin kencang pada sepekan mendatang," tegas Kepala Observasi BMKG Karangploso, Kabupaten Malang, Rahmatullah Aji, Kamis (25/12/2014).

Menurut Rahmatullah, hujan lebat yang disertai angin kencang itu dipengaruhi oleh faktor regional dan lokal yang menyebabkan keadaan cuaca di wilayah Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang dan sekitarnya diprakirakan mengalami cuaca yang umumnya berawan dan berpeluang hujan.

Angin umumnya dari Selatan ke Barat dengan kecepatan 5 hingga 30 kilometer per jam dengan suhu udara berkisar antara 20 hingga 29 derajat celcius. Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat waspada dengan adanya potensi hujan deras disertai dengan angin kencang.

"Pada saat hujan deras, sebaiknya masyarakat menghindari berteduh atau berada di bawah pohon karena biasanya hujan deras yang disertai angin kencang menyebabkan rawan pohon tumbang," ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir ini, wilayah Malang Raya diguyur hujan cukup deras dan kadang-kadang disertai angin kencang. Baru, Rabu (24/12) cuaca agak cerah dan pada siang hari sudah mendung, meski tidak turun hujan.

Sementara itu Bakesbangpol Kota Malang memetakan adanya lokasi rawan longsor sebanyak 30 titik, terutama kawasan yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Brantas, seperti di wilayah Jodipan, Ciptomulyo, Kasin, Dinoyo, Kotalama, dan Mayjen Panjaitan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: