Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hindari Korban Jiwa, BPBD Optimalkan Upaya Prabencana

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Pengamat masalah sosial dan politik Dr Ni Made Ras Amanda Gelgel S.Sos MSi menilai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Bali telah mengambil langkah dan upaya prabencana untuk menghindari korban jiwa dan kerugian yang lebih besar.

"BPBD Badung yang berlokasi di Bali selatan telah melakukan sosialisasi, pemetaan daerah rawan bencana, hingga pemasangan rambu-rambu," kata Dr Ni Made Ras Amanda Gelgel yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana di Denpasar, Kamis (25/12/2014).

Ia mengatakan, upaya menghindari korban jiwa dan kerugian material dari bencana alam sangat tergantung dari efektivitas program pemerintah menyangkut pemahaman, dukungan, peran serta dan kerja sama dari masyarakat setempat. Oleh sebab itu peranserta masyarakat dalam mengatasi bencana alam sangat diharapkan, disamping kemampuan pencegahan dan penanggulangan perlu ditingkatkan.

Dr Ras Amanda yang pernah melakukan penelitian dan pengkajian terhadap masalah bencana alam di Pulau Dewata mengusulkan, memperbanyak bentuk-bentuk kegiatan untuk menanggulangi akibat bencana.

Kondisi demikian erat kaitannya dengan keberadaan institusi penanggulangan bencana, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Upaya itu penting mengingat Indonesia, termasuk Bali merupakan salah satu negara rawan bencana, karena lempengan tektonik yang membentang di Kepulauan Nusantara menyebabkan seringnya mengalami kegiatan seismik.

Kondisi demikian menyebabkan sebagai daerah yang sangat rentan terhadap gempa bumi, tanah longsor, tsunami maupun jenis bencana lainnya yang harus mendapat perhatian dari semua pihak, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, harap Dr Ras Amanda. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: