Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penurunan Harga BBM Dinilai Permudah Pengendalian Inflasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai adanya kebijakan untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) di awal tahun ini dapat mempermudah BI mengendalikan inflasi di tahun 2015 ini Baca juga: BPS: Inflasi Desember 2014 Capai 2,46%.

"Inflasi yang terjadi pada bulan Desember 2014 sebesar 2,46% month-to-month lebih dipengaruhi kenaikan harga BBM pada November 2014. Juga ada faktor volatile food pada beberapa harga pangan strategis yang meningkat. Di tahun 2015 ini kita melihat pemerintah mengumumkan tentang penurunan harga BBM. Ini akan ada dampak bagus untuk kami bisa mengendalikan inflasi," katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Agus juga berharap inflasi pada Januari 2015 ini dapat lebih rendah dibandingkan inflasi yang terjadi pada Desember 2014. Sebelumnya, BI memperkirakan inflasi Desember 2014 berkisar 2,1-2,2% month-to-month. "Sekarang inflasi 2,46% cukup tinggi dan kami berharap pada Januari sudah akan kembali menurun," ujarnya.

Agus menuturkan pihaknya akan berusaha untuk mengarahkan inflasi 2015 menuju kisaran 4% plus minus 1%. Untuk itu, BI akan terus meningkatkan koordinasi pengendalian inflasi bersama pemerintah pusat dan daerah. Nantinya, lanjutnya, inflasi melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan lebih difokuskan pada upaya menjaga stabilitas harga pangan strategis.

"Musim hujan datang agak terlambat, panen raya Maret-April bisa mundur. Oleh karena itu, koordinasi akan dilakukan antara BI dengan pemerintah pusat dan daerah," tandasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: