Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mandiri: Injeksi Modal Dongkrak Pembiayaan Infrastruktur

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menjanjikan injeksi modal melalui penyertaan modal negara sebesar Rp5,6 triliun-Rp5,9 triliun pada 2015 akan meningkatkan penyaluran kredit untuk pembangunan infrastruktur.

"Itu tentu ada alokasi untuk infrastruktur. Dari 'outstanding' kita (kredit infrastruktur) sekarang, semestinya naik," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Jumat malam (16/1/2015).

Menurut laporan di akhir kuartal III 2014, kredit infrastruktur yang disalurkan Mandiri mencapai Rp88,6 triliun, yang digunakan untuk pembiayaan proyek transportasi, jalan tol, listrik, telekomunikasi, minyak, dan gas. Adapun, total penyaluran kredit dari Mandiri hingga kuartal II 2014 sebesar Rp 506.5 triliiun, dengan pertumbuhan 12,4 persen dibanding periode sama di 2013.

"Kalau 'outstanding' kita sekarang sekitar Rp60 triliun. Dengan proyeksi pertumbuhan kredit 2015 di 15 persen, tentu pasti ada peningkatan," ujar Budi.

Beberapa korporasi debitur Mandiri merupakan BUMN-BUMN karya dan juga operator fasilitas perhubungan. Otoritas Jasa Keuangan juga berjanji akan ada penyesuaian besaran bobot risiko khusus untuk pembiayaan sektor ekonomi prioritas seperti sektor pangan, energi dan maritim.

"Penyesuaian bobot risiko itu diharapkan menjadi insentif yang dapat membuat perbankan lebih bersemangat untuk menyalurkan pembiayaan ke pembangunan prioritas," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad.

PMN kepada Mandiri merupakan rencana injeksi modal yang akan diberikan pemerintah melalui skema penerbitan saham baru "rights issue'.

PMN tersebut termasuk dalam rencana pemerintah untuk memberikan suntikan modal dengan total Rp48 triliun kepada sejumlah BUMN, salah satu tujuannya untuk mendongkrak pembangunan infrastruktur.

PMN tersebut sudah diajukan kepada DPR-RI dalam Rancangan APBN-Perubahan 2015.

Selain PMN, pemerintah juga memastikan akan memangkas pemotongan dividen bank BUMN sebesar 10 persen, menjadi 20 persen.

"Kami menyetujui itu, namun masing-masing bank berbeda antara Bank BRI, Mandiri, BNI, maupun BTN, saya tidak ingat detailnya," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno pada 7 Januari lalu.

Secara keseluruhan, pada RAPBN 2015 pemerintah berencana mengurangi dividen BUMN sebesar Rp9 triliun, menjadi Rp34 triliun dari sebelumnya Rp43,7 triliun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: