Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kecepatan Internet Indosat Capai 22,3 Mbps di Makassar

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Kecepatan internet operator telekomunikasi Indosat mencapai 22,3 Mbps dalam uji coba setelah modernisasi jaringan baru selesai sejak akhir tahun lalu. "Kecepatan tertingginya untuk unduh itu sekitar 16,7-22,3 Mbps dengan simulasi file yang sangat besar. Jadi dengan menggunakan alat yang menghasilkan file resolusi tinggi," kata Division Head Network Optimization Indosat Joko Riswandi saat menguji jaringan di Makassar, Kamis (22/1/2015) sore.

Uji jaringan dilakukan dengan metode simulasi unduh, unggah, "speedtest" dan "streaming" situs video Youtube di jalan padat kendaraan sepanjang 10 kilometer. Operator tersebut mengklaim bisa menghadirkan kecepatan data hingga 42 Mbps setelah modernisasi jaringan dengan menyematkan teknologi dual-carrier high speed package access (DC-HSPA+) di jaringan 900 Mhz. "Memang berbeda, tapi dengan 22 Mbps bisa didapatkan di tengah 'traffic' yang ramai tentu sudah cukup bagus," katanya.

Di sisi lain, kecepatan tertinggi unggah mencapai 2,7 Mbps, mencapai setengah dari kecepatan tertinggi yang diklaim yakni 5,7 Mbps. Sementara itu, uji jaringan dengan "streaming" Youtube selama satu jam berlangsung tanpa hambatan maupun "buffering".

Ada pun uji perbandingan (benchmarking) kecepatan jaringan dengan kompetitor dilakukan menggunakan "speedtest". "'Benchmarking' secara rutin di wilayah Makassar dan Manado memang kami lakukan sebulan sekali," ujar Joko. Selain menguji data, Indosat juga menguji kualitas suara dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Scope).

Sekitar 60 persen dari area pengujian menunjukkan nilai MOS di tingkat 4 dan 5 yang merupakan kualitas tertinggi. Sementara sekitar 30 persen berada di tingkat 3 dan 4. "Secara umum, kalau dari 'voice' (suara) kami cukup unggul," kata Joko. Di Makassar sendiri, jangkauan jaringan baru baru Indosat yang diklaim bisa mencapai hingga 42 Mbps sudah merambah hingga Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Maros dan Bone. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: