Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Sukses Besar di Hong kong Toys and Game Fair 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Keikutsertaan Indonesia di ajang Hong Kong Toys and Games Fair (HKTGF) 2015 yang berlangsung di Hong Kong Convention and Exhibition Center (HKCEC), 1 Expo Drive, Wan Chai, Hong Kong pada 12-15 Januari 2015, berbuah manis. Tercatat sebanyak 206 permintaan dari berbagai negara senilai USD 2,67 juta berhasil diperoleh Indonesia lewat ajang tersebut.

"Kesuksesan ini merupakan salah satu buah dari upaya Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) dalam mendukung Asosisasi Produsen Mainan Indonesia (APMI) untuk membuka peluang pengembangan ekspor," ujar Direktur Jenderal PEN, Nus Nuzulia Ishak, Jumat (23/1/2015).

Kesempatan mengikuti ajang HKTGF diungkapkan Nus juga untuk membuka peluang ekspor ke negara-negara nontradisional. Sebagian besar permintaan berbagai produk toys, games, dan sports Indonesia di ajang HKTGF 2015 berasal dari Hong Kong, Amerika Serikat (AS), Belanda, Polandia, Taiwan, Rusia, Perancis, Spanyol, RRT, Swiss, Indonesia, Singapura, Jepang, Korea, India, Jerman, Ceko, dan Inggris. Sedangkan produk-produk yang diminati para buyers antara lain plush toys, thematic water proof play mat, ballon print, tricycles, serta ride-on cars.

Dirjen Nus menjelaskan, produk toys, games, dan sports Indonesia memiliki potensi untuk dikembangkan di pasar ekspor. Nilai total ekspornya selama periode Januari-Oktober 2014 mencapai lebih dari USD 438,6 juta dengan lima negara terbesar tujuan ekspor, yaitu AS, Inggris, Jepang, Singapura, dan Jerman.

"Pada periode yang sama, Indonesia tercatat telah mengekspor produk mainan ke 171 negara di dunia dengan share terbesar mencapai 76,69% untuk ekspor produk mainan seperti tricycles, scooters, pedal cars and similar wheeled-toys, dolls' carriage, dolls, other toys, reduced-size (scale) models dan similar recreational models," ungkap Nus.

Di HKTGF kali ini Paviliun Indonesia hadir di zona grup paviliun internasional, lantai 5C dengan tampilan desain spesial yang menampilkan produk play mat for children, sport ball, plush, stuffed toys, play ride-on, feeding bottle, nipple, soother and feeding accessories, plush toys, ballon, ride-on toys, children tricycle and baby walker, serta soft toys.

HKTGF merupakan pameran terbesar tahunan yang mampu menarik perhatian sekitar 42.900 buyers dari seluruh dunia, seperti Inggris, Italia, Spanyol, dan Polandia. Pameran ini diikuti 2.000 peserta dari 40 negara, seperti RRT, Indonesia, Korea, Spanyol, Taiwan, Italia, dan Thailand. Beberapa perusahaan terkenal pun turut berpartisipasi, antara lain Toys“R”Us dari AS, Akachan Honpo dari Jepang, Ben Jerzy Drobot dari Polandia, dan JD.com dari RRT.

Produk yang ditampilkan pada pameran ini antara lain adalah produk mainan yang terbagi dalam kategori brand name gallery, smart-tech toys zone, therapy toys display, educational toys and games, kidult world, dan small order zone. Hadir pula kategori terbaru dari pameran ini yaitu sporting goods and playground facilities zone. Bersamaan dengan pameran ini, ditampilkan juga produk bayi, stationery, dan licensing show.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: