Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag Gobel Tingkatkan Hubungan dengan Jepang

Warta Ekonomi -

WE Online, Tokyo - Kunjungan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel ke Negeri Sakura, Jepang, memberikan nilai positif pada upaya peningkatan hubungan yang sinergis antara Indonesia-Jepang. Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengaku sangat mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan berharap dapat menjalin kerja sama lebih erat.

"PM Abe mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara strategis dalam meningkatkan kerjasama ekonomi maupun keamanan," jelas Rachmat usai melakukan pertemuan dengan PM Abe, Kamis (22/1) di Tokyo, Jepang. PM Abe bahkan berharap Presiden Jokowi dan Mendag Rachmat dapat berperan besar dalam mempererat dan membangun sinergi ekonomi Indonesia-Jepang."PM Abe juga mengharapkan kedatangan Presiden Jokowi dan saya ke Jepang pada April mendatang," kata Rachmat.

Selain memberikan surat undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika ke-60 yang akan berlangsung pada 21-23 April 2015 di Jakarta dari Presiden Jokowi kepada PM Abe, Rachmat menyampaikan beberapa hal dalam pertemuan tersebut. Rachmat menyampaikan visi Presiden Joko Widodo dalam hal pengembangan infrastruktur, kedaulatan pangan, dan kemaritiman. Selain itu, Rachmat juga mengungkapkan upaya pembenahan perizinan yang tengah dilakukan pemerintah Indonesia saat ini. "Saat ini, pemerintah Indonesia sedang berupaya membenahi perizinan melalui penerapan pelayanan terpadu satu pintu (one stop service) yang rencananya akan diumumkan oleh Presiden pada 26 Januari mendatang," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Rachmat mengapresiasi pemerintah Jepang dalam membantu Indonesia menangani musibah jatuhnya pesawat Air Asia. "Saya berterima kasih kepada pemerintah Jepang atas respon cepatnya dalam memberikan bantuan kepada Indonesia saat terjadi musibah jatuhnya pesawat Air Asia," ujar Rachmat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: