WE Online, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis daftar maskapai penerbangan yang paling sering mendapat keluhan terbanyak selama tahun 2014 lalu.
Ketua Harian YLKI Sudaryatmo mengatakan bahwa lima maskapai tersebut adalah Lion Air (24 keluhan), Mandala Air (6 keluhan), AirAsia (6 keluhan), Garuda (5 keluhan), dan Sriwijaya Air (5 keluhan).
Ia menjelaskan keluhan yang paling sering disampaikan oleh konsumen adalah terkait dengan kecepatan refund atau pengembalian uang tiket, delay atau penundaan penerbangan, dan keamanan bagasi.
"Ini menjadi pengaduan utama konsumen," katanya di Jakarta, Minggu (25/1/2015).
Sudaryatmo menjelaskan keluhan masyarakat terhadap layanan penerbangan semakin tidak kunjung surut karena sanksi pemerintah terlalu ringan. Dia perbandingkan sikap pemerintah dengan negara lain seperti Amerika Serikat yang berani memberi sanksi berat bagi maskapai yang memberikan pelayanan buruk.
"Untuk memperbaiki layanan maskapai dibutuhkan perubahan dan kekuatan regulator," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait:
Advertisement