Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Sebabnya Ekspor Toyota Indonesia Menggembirakan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Toyota Indonesia) mengatakan bahwa pada tahun 2014 lalu pihaknya berhasil dalam mengekspor mobil utuh (CBU/complete build-up unit) bermerek Toyota sebanyak 160.000 unit.

Director Corporate and External Affairs Division Toyota Indonesia I Made Dana Tangkas mengatakan pencapaian ekspor tersebut berarti 35 persen lebih tinggi dari angka 118.000 unit pada tahun 2013 atau berhasil dalam melampaui target yang ditetapkan perseroan pada tahun 2014 lalu sebesar 30 persen.

"Ekspor melesat di atas 30 persen. Kami bahkan mencapai peningkatan 35 persen dari 118.000 unit menjadi 160.000 unit," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Made Dana mengatakan pencapaian ekspor pada tahun lalu tersebut disebabkan oleh kontribusi beberapa model kendaraan seperti Fortuner, Avanza, Vios, Innova, Toyota LiteAce, Agya, Yaris, dan Rush. Ia mengatakan model Fortuner paling diminati pasar asing dengan ekspor sebanyak 54.000 unit.

Kemudian Avanza sebanyak 37.000 unit, disusul Vios sebanyak 28.000 unit, Innova sebanyak 15.000 unit, Toyota LiteAce sebanyak 14.000 unit, serta beberapa merek lain seperti Agya, Yaris, dan Rush.

"Tahun 2014 kami mendapat kepercayaan untuk mengisi pasar regional, seperti Vios dan Avanza ke Timur Tengah dan Toyota Agya ke Filipina," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Toyota Indonesia Warih Andang Tjahjono mengatakan persentase produksi untuk pasar ekspor di pabrik Toyota Indonesia telah mendekati angka 50 persen atau meningkat hampir 10 persen dari tahun sebelumnya.

"Kami bersyukur bahwa meski kondisi industri otomotif nasional sepanjang 2014 tidak secerah tahun sebelumnya, tetapi secara umum kinerja TMMIN cukup menggembirakan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: