Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rusia Segera Wujudkan PLTN Ketiga di Finlandia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Finlandia terus berupaya untuk mendapatkan pasokan listrik dari energi nuklir dengan menggandeng Rusia membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Hanhikivi di distrik Pyhäjokis. PLTN dengan kapasitas 1.200 megawatt ini merupakan PLTN ketiga di negara itu setelah PLTN Olkiluoto dan PLTN Loviisa.

Rusatom Overseas, perusahaan Rusia yang akan membangun proyek ini, baru-baru ini mengumumkan beberapa perusahaan dari Rusia yang akan menjadi perusahaan sub-supplier. Rusatom Overseas yang merupakan anak perusahaan dari BUMN nuklir Rusia Rosatom dan beberapa perusahaan lain juga telah menandatangani kontrak sebagai komitmen untuk memasuki tahap yang lebih maju dalam pembangunan PLTN Hanhikivi.

"Dengan membuat kontrak dengan sub-supplier utama, proyek PLTN Hanhikivi relah memasuki tahap penting selanjutnya. Jalan sangat jelas dan terbuka bagi berbagai perusahaan lokal untuk menjadi partner dalam konstruksi PLTN," ungkap Wakil Direktur Jenderal untuk PLTN Hanhikivi Rusatom Overseas Vadim Ryabov.

Ia mengatakan pihaknya juga telah meminta kepada para sub-supplier untuk juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal di Finlandia.

Beberapa perusahaan yang telah menjadi rekan Rusatom Overseas dalam pembangunan PLTN ini adalah CONCERN TITAN-2, sebuah perusahaan pembangunan konstruksi dan infrastruktur Rusia yang akan bertanggung jawab antara lain pada pengerjaan konstruksi dan instalasi, pengembangan rancangan dan pasokan bahan dan peralatan, serta pembangunan konstruksi bangunan dan jalan.

Rusatom Overseas juga menggandeng Atomenergomash, divisi peralatan manufaktur dan teknis Rosatom, yang akan memasok peralatan utama dalam pembangunan PLTN Hanhikivi, termasuk peralatan sistem pemasok uap nuklir. Selain itu, Rusatom Overseas juga menunjuk OKB Gridropress yang akan menyediakan rancangan dasar dan jasa lain yang diperlukan untuk pembangunan pulau nuklir, dan ATOMPROEKT untuk pengembangan dokumentasi teknis rinci dan penyediaan jasa pengawasan instalasi peralatan.

PLTN Hanhikivi juga mengundang perusahaan-perusahaan Finlandia dan internasional yang tertarik untuk ikut dalam pembangunan proyek ini.

"Finlandia memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam sektor nuklir. Dengan alasan ini, spesialis dari TITAN-2 akan melakukan pekerjaan teknologi tinggi yang memerlukan keterampilan khusus yang diperoleh selama pembangunan proyek referensi pembangkit listrik tenaga nuklir Leningrad II dan kami akan bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk semua bagian utama lain dari pekerjaan konstruksi," ujar Alexander Zmikhnovsky, Direktur Proyek Hanhikivi, TITAN-2.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: