Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI Ajak Pemimpin BUMN Berinvestasi Jangka Panjang

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - PT Bank Negara Indonesia (BNI) mengajak pemimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dan juga daerah lainnya untuk memanfaatkan peluang investasi keuangan jangka panjang.

"Akan sangat baik bila saat pensiun dari pekerjaan punya kemampuan finansial dan itu bisa direncanakan dari sekarang melalui investasi keuangan jangka panjang," kata Direktur Utama PT BNI Securities Ananta Wiyogo pada BUMN Marketeer Club di Manado, Selasa (27/1/2015).

Pemimpin BUMN yang ada sekarang, kata Ananta harus membuat rencana keuangan matang, sehingga saat hari tua tidak menjadi beban orang lain, tetapi mampu hidup layak dan sejahtera berkat perencanaan keuangan sejak masih aktif bekerja. "Kita ingin menawarkan solusi agar di hari tua tidak jadi beban bagi orang lain atau anak-anak, tetapi justru sebaliknya atau bahkan mampu tetap hidup sebagaimana kondisinya saat masih aktif sebagai pekerja," kata Ananta.

Definisi investasi, kata Ananta yakni membeli sesuatu yang diharapkan bisa dijual kembali di masa yang akan datang dengan nilai lebih tinggi. Manfaat berinvestasi, kata Ananta selain mendapatkan keuntungan lebih besar di masa depan, juga menginvestasi ketidakpastian pendapatan serta melindungi kekayaan dari pengaruh inflasi.

Namun berinvestasi, kata Ananta harus berlandaskan pada analisis dan pembelajaran sehingga investasi yang dilakukan menjadi lebih bernilai dan agar berhasil pegang prinsip, dana yang digunakan adalah kelebihan dana serta disiplin, cermat melakukan diversifikasi dan selalu dievalusi. Ananta menjelaskan investasi terdiri investasi sektor riil dan investasi sektor finansial. Investasi sektor finansial diantaranya investasi saham, reksa dana, obligasi, asuransi dan jenis lainnya.

"Untuk pemula, memang sebaiknya berinvestasi di reksa dana dan BNI punya produk reksadana murah hanya Rp 100.000 sudah bisa berinvestasi dalam program ini," kata Ananta Direktur BNI Asset Management Isbono Putro mengatakan reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portfolio efek oleh manajer investasi dan diadministrasikan oleh bank kustodian.

"Karena itu, dengan berinvestasi di reksa dana maka ada kepastian dana akan bertambah di hari depan, yang bisa menjadi kekuatan finansial untuk menghadapi hari tua tanpa rasa cemas," kata Isbono.

Regional CEO BNI Manado, Hermita berharap dengan memanfaatkan peluang investasi sejak dini, maka pemimpin BUMN yang ada sekarang, tetapi mampu hidup sejahtera di saat hadapi hari tua nanti, karena punya kekuatan finansial, berkat keinginan merencanakan keuangannya sejak lama. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: