Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mercedes Benz Yakin BBM tak Hambat Penjualan

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - Dealer resmi Mercedes Benz untuk kawasan Jawa Timur, PT Kedaung Satrya Motor optimistis kebijakan pemerintah terkait penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) tak menghambat kinerja penjualannya pada 2015.

"Keyakinan itu karena kami percaya tahun 2015 penjualan mobil dengan kelas premium itu tetap meningkat. Apalagi kami mempunyai berbagai varian baru yang siap dikenalkan ke pasar otomotif nasional," kata Presiden Direktur PT Kedaung Satrya Motor (KSM), Tjipto Adi Hidajatno, ditemui pada pameran Mercedes Benz CLA 200 Sport dan ML 400, di Grand City Surabaya (27 Januari - 3 Februari 2015), Selasa (27/1/2015).

Hal tersebut, ungkap dia, tampak dari target penjualannya di Jatim yang meningkat menjadi 200 unit pada tahun 2015. Angka penjualan itu naik dibandingkan realisasi penjualan pada tahun 2014 sebanyak 160 unit. Dari pencapaian penjualan tahun 2014, sebanyak 50 persen pembeli melakukan transaksi dengan cara kredit dan sisa 50 persen tunai. "Pada umumnya pembeli mobil dari perusahaan kami adalah kalangan individu, bukan dari pihak korporasi," ujarnya.

Di sisi lain, jelas dia, dari besaran penjualan sebanyak 160 unit selama tahun 2014 maka dominasi 60 persen merupakan konsumen asal Surabaya. Kemudian, sisa 40 persennya adalah pembeli dari daerah luar Surabaya. "Misalnya penggemar otomotif dari Kalimantan seperti Banjarmasin dan Balikpapan. Ada pula pembeli yang asalnya dari Sulawesi di antaranya Makassar," katanya.

Sementara itu, tambah dia, terkait perluasan pasar di Jatim maka saat ini pihaknya cukup mengoptimalkan dua gerai yang sudah eksis. Bahkan, perusahaan tersebut belum ada rencana untuk menambah gerai berikutnya. "Dengan gerai itu saja, kami sudah bisa menjangkau pasar otomotif di kelas premium. Tidak hanya di Jatim tetapi konsumen kami sudah meluas hingga luar Pulau Jawa," katanya.

Meski demikian, sebut dia, tahun 2014 pihaknya telah memutuskan memindah homebase mereka ke Jalan Citra Utama, di kompleks perumahan mewah Citraland Surabaya. Walau lokasi showroom baru yang diresmikan pada September lalu tidak terletak di tepi jalan utama seperti gerai lama di Jalan Mayjen Sungkono tetapi ia meyakini lebih prospektif pada masa mendatang. "Kami percaya upaya ini adalah bentuk strategi investasi. Setelah jalan lingkar Barat selesai, lima atau enam tahun lagi orang yang mau masuk Citraland tidak lagi lewat Unesa tetapi lewat gerai kami," katanya.

Sementara, lanjut dia, mengenai harga penjualan mobil yang dipamerkan di Surabaya pada saat ini ditawarkan senilai Rp 699 juta per unit untuk tipe Mercedes Benz CLA 200 Sport. Kemudian, tipe Mercedes Benz ML 400 disiapkan dengan harga Rp 1,189 miliar per unit. "Dengan pengenalan varian baru itu, kami harap bisa membidik penggemar otomotif yang mengutamakan gaya hidup. Apalagi mobil ini memang didesain dengan gaya sporty," katanya. 9Ant)
 


Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: