Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

INACA Optmistis Pemeringkatan Keselamatan Penerbangan Berjalan Efektif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Perhimpunan Perusahaan Penerbangan Sipil Indonesia (Inaca) mengaku optimistis pemeringkatan keselamatan penerbangan yang akan diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan akan berjalan efektif bagi setiap maskapai untuk meningkatkan keselamatan.

"Menurut saya itu efektif karena dengan adanya ketentuan pemerintah untuk pemeringkatan itu, orang jadi 'alert' (waspada) dengan keselamatan," kata Ketua Umum Inaca M Arif Wibowo usai menghadiri penghargaan kepada penghargaan kepada maskapai PT Garuda Indonesia dari Skytrax di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurut Arif, kebijakan tersebut merupakan tantangan bagi setiap maskapai untuk meyakinkan masyarakat seberapa tinggi tingkat keselamatan maskapai tersebut. Sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif mengaku setuju dengan ketentuan Kemenhub tersebut karena pihaknya sudah mengantongi standar IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Selain itu, Arif menilai pemeringkatan keselamatan penerbangan merupakan salah satu bentuk transparansi kepada publik. "Bagus juga, semua publik jadi tahu apa itu keselamatan, agar terbuka 'kan tadi Pak Menteri juga sampaikan kepada kita semuanya harus terbuka, keuangan, semuanya," katanya.

Terkait potensi implementasi rendah, dia berpendapat hal itu merupakan tugas dari Kemenhub untuk mengawasi penerapan regulasi yang dibuatnya. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan menerapkan pemeringkatan keselamatan penerbangan yang akan diimplementasikan pada Februari 2015.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan akan mengaudit maskapai setiap tiga bulan, namun ia belum merinci terkait mekanisme pemeringkatan tersebut. "Mulai bulan depan akan diberlakukan 'safety rating' di Indonesia, saya tahu banyak yang tidak suka tapi tetap akan saya umumkan," katanya.

Jonan mengatakan meskipun menuai lebih banyak kontra, ia akan tetap memberlakukanb peraturan tersebut agar maskapai lebih terpacu dalam peningkatan keselamatan penerbangan. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: