Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendikbud: Peran UKS Harus Ditingkatkan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan peran usaha kesehatan sekolah (UKS) perlu ditingkatkan.

"Kemdikbud selama ini banyak berkonsentrasi pada pendidikan anak tetapi komponen yang tidak kalah penting adalah orang tua dan lingkungan," ujar Mendikbud saat menerima Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Dia menjelaskan pihaknya mencoba mendorong agar UKS bisa menjadi unit untuk melakukan aktivitas. Mantan Rektor Paramadina itu menjelaskan peran UKS nantinya tidak sekedar mengurus kesehatan internal siswa namun dapat mengubah perilaku hidup mereka menjadi lebih sehat serta bagaimana mengelola sekolah yang sehat. "Kami akan menghidupkan kembali Program Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS), karena sekitar 40 persen anak sekolah tidak sarapan. Padahal belajar memerlukan energi," jelas dia.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek menginginkan perilaku sehat dimulai dari keluarga. Anak-anak yang lahir dari keluarga tepat dan berencana menghasilkan generasi yang cerdas. "Orang tua harus merencanakan keluarga lebih baik," kata Nila. Nila berharap etika berperilaku sehat dimiliki oleh masyarakat termasuk orang tua dan anak-anak. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: