Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Microsoft Imagine Cup Cari Developer Muda Wakil Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Microsoft kembali menyelenggarakan Imagine Cup di Indonesia, Rabu (28/1/2015), sebuah ajang kompetisi teknologi global paling bergengsi bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi yang nantinya akan dilombakan pada tingkat global. Sama seperti tahun sebelumnya, Imagine Cup 2015 akan dibagi menjadi tiga kompetisi utama, yaitu Games, Innovation dan World Citizenship. Tahun ini, Microsoft juga mengajak perusahaan pemerhati pengembangan teknologi terutama di kalangan anak muda, yaitu Telkom sebagai sponsor utama yang menfasilitasi dukungan infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam Acara Imagine Cup 2015 dan United States Agency for International Development, USAID yang khusus mendukung kategori World Citizenship.

Anthonius Henricus, Developer Experience Director, Microsoft Indonesia mengatakan, "Microsoft mengajak para pelajar dan mahasiswa berbakat Indonesia untuk ikut berkarya melalui pengembangan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Imagine Cup merupakan bagian dari program Citizenship Microsoft sebagai wujud komitmen kami untuk mengembangkan bakat anak muda menjadi digital entrepreneur. Komitmen kami ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan kewirausahaan, salah satunya di bidang teknologi informasi, agar dapat mengurangi pengangguran," katanya.

Selama 10 tahun, Indonesia telah berpartisipasi pada ajang Imagine Cup sejak tahun 2005 dan membuktikan prestasi anak bangsa di tingkat dunia. Pada tahun 2013, tim Indonesia yang diwakili oleh tim Solite Studio, mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura, berhasil meraih juara kedua kompetisi Games pada Imagine Cup 2013, dengan game-nya yang disebut “Save The Hamsters”. Pada tahun 2014, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung, dan New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Sumatera Utara berhasil mencapai tahap Worldwide Semifinal. 

Jemy Confido, VP Consumer Marketing & Sales, PT Telkom menyampaikan, "Komitmen Telkom adalah senantiasa mendorong generasi muda Indonesia dalam mengembangkan kompetensi di bidang teknologi informasi. Telkom membangun Digital Creative Valley di beberapa kota yang didukung oleh Layanan Indihome Fiber, yang menggunakan 100% jaringan Fiber dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas connectivity dan pengembangan digitalisasi lifestyle melalui fasilitas internet super cepat dan canggih hingga 100Mbps di seluruh Indonesia," Kata Jemy.

"Layanan Indihome Fiber Telkom menyajikan layanan triple play yang sangat mendukung proses kompetisi Imagine Cup 2015, download dan streaming referensi yang diperlukan dalam kompetisi Imagine Cup dapat dengan mudah dilakukan. Kami menilai ajang Imagine Cup 2015 merupakan ajang yang sangat bermanfaat bagi generasi muda Indonesia untuk menjadi developer berskala dunia. Semangat Telkom “dunia dalam gengamanmu” dapat terwujud melalui ajang Imagine Cup 2015 ini," tambah Jemy.

Imagine Cup dikenal sebagai ajang perlombaan yang tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi, tetapi juga perlombaan yang menekankan asas manfaat teknologi untuk lingkungan sekitar. Misalnya, pemenang kategori World Citizenship tahun lalu, tim DigiD2 dari Institut Teknologi Surabaya, mengembangkan aplikasi yang dapat membantu proses belajar anak-anak yang mengalami autisme.

"USAID bangga dapat memberdayakan kaum muda untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, melalui kompetisi teknologi ini", kata Andy Sisson, Mission Director, USAID. "Tim terbaik dari Indonesia dalam kompetisi World Citizenship akan berkonsultasi dengan ahli dari USAID. Kami ingin membantu para siswa peserta kompetisi mengubah ide-ide inovatif mereka menjadi kenyataan," tambah Andy.

Dengan 30 hari menuju tenggat pendaftaran seleksi babak pertama Imagine Cup 2015, para pelajar dan mahasiswa Indonesia masih ada waktu untuk mempersiapkan diri mereka dan mengirimkan URL video tim berdurasi maksimal 10 menit yang menjelaskan tentang aplikasi yang dikembangkan ke website Imagine Cup.

Dari seluruh video yang dikirimkan, tim juri Imagine Cup 2015 akan menentukan 5-8 tim terbaik pada masing-masing kompetisi yang berhak memasuki babak semifinal Indonesia. Seluruh tim semifinalis tersebut akan mempresentasikan aplikasi mereka dengan bahasa Inggris di depan para tim juri, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2015 di kantor Microsoft Indonesia, Jakarta.

Tiga tim terbaik dari masing-masing kompetisi akan berhak masuk pada babak final Imagine Cup 2015 Indonesia pada bulan Maret 2015 dan mempresentasikan karya aplikasi mereka di hadapan tim juri dan publik. Satu tim terbaik pada kompetisi Innovation dan Games Imagine Cup 2015 akan memperoleh hadiah sebesar 50 juta rupiah, sedangkan pada kompetisi World Citizenship satu tim pemenang akan memperoleh hadiah sebesar 100 juta rupiah.

Selain itu, ketiga tim tersebut akan menjadi wakil Indonesia untuk bertanding pada tingkat Worldwide Semifinal yang rencananya akan diselenggarakan secara online. Jika tim Indonesia berhasil pada tingkat ini, maka tim tersebut berkesempatan mengikuti tingkat Worldwide Final yang akan diadakan di Seattle, Amerka Serikat pada Juli 2015. Untuk informasi lebih lanjut terkait kompetisi Imagine Cup 2015, silakan kunjungi www.imaginecup.com.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: