Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SAP Wilayah Asia Pasifik Jepang Pimpin Transisi Cloud

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - SAP SE (NYSE: SAP) mencatat pendapatan berlangganan cloud mengalami pertumbuhan yang kuat sebesar 59% dari tahun ke tahun ke tahun di Asia Pasifik Jepang (APJ) Non-IFRS (International Reporting Standards). SAP juga memperoleh pendapatan dukungan sebesar 60% berdasarkan constant currencies di Asia Pasifik Jepang (APJ) sepanjang tahun 2014. Pertumbuhan bisnis ini didukung oleh permintaan yang kuat dari portofolio Cloud SAP dan platform SAP HANA. Non-IFRS cloud dan pendapatan dukungan juga tumbuh sebesar 98% dari tahun ke tahun (87% berdasarkan constant currencies) pada kuartal keempat di APJ.

Performa SAP yang solid di wilayah APJ pada tahun tersebut mencerminkan migrasi yang kokoh bagi pelanggan SAP Cloud yang sudah ada maupun pelanggan baru. Hal ini diperkuat dalam bisnis inti SAP HANA dan Analitik. India memberikan pertumbuhan pendapatan perangkat lunak dengan nominal dua digit yang kuat pada kuartal keempat. Perusahaan tersebut juga terus mengalami adopsi yang luas dari SAP HANA pada industri dan penggunaan kasus di APJ. Perangkat lunak Non-IFRS dan yang berhubungan dengan layanan perangkat lunak mengalami pertumbuhan 6% (2% berdasarkan constant currencies) pada kuartal empat.

"Strategi kami dalam jangka panjang adalah memiliki pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada yang beroperasi pada platform SAP HANA," kata Adaire Fox-Martin, Presiden SAP Asia Pasifik Jepang. "Kami akan terus fokus pada pelanggan kami di segala sesuatu yang kami lakukan, dan kami memiliki tugas untuk membantu mereka berjalan lebih baik, berjalan sederhana dengan SAP Cloud didukung oleh SAP HANA," tambahnya.

Munculnya e-commerce di wilayah tersebut juga meningkatkan permintaan untuk solusi perdagangan omni-channel dari hybris, pengadaan berbasis cloud dan jaringan perdagangan dari Ariba. Baik hybris maupun Ariba merupakan bagian dari solusi perusahaan SAP. Peningkatan permintaan untuk platform SAP HANA tercermin dalam pertumbuhan yang dipercepat untuk SAP Business Suite powered by SAP HANA.

SAP mengakuisisi hybris pada tahun 2013 dan perusahaan tersebut resmi menjadi bagian dari SAP dari tanggal 1 Januari 2015. Hybris dijuluki sebagai Pemimpin Gartner terbaru 'Magic Quadrant untuk Digital Commerce' pada akhir September. Hal ini mencerminkan penguatan posisinya dalam  pasar e-commerce  sampai dengan 2014.

"Apa yang kita alami di sini adalah pertumbuhan yang berkelanjutan dalam menarik minat pelanggan agar dapat menggunakan SAP Cloud dan SAP HANA, yang mana akan menjadi sinyal yang baik untuk tahun 2015," kata Fox-Martin. "SAP akan terus mengkatalisis sebuah transformasi yang akan memimpin ke Hyperconnected Asia. Ini adalah perpaduan dari Internet of Things di berbagai industri. Bisnis ini akan memberikan jalan bagi pelanggan baru agar lebih terhubung melalui komunitas jaringan baru," tambahnya.

 Beberapa sorotan pelanggan di kuartal keempat pada APJ, antara lain, Toll Group Australia, penggerak kargo terkemuka telah memiliki lisensi SAP Simple Finance Ariba Network dan solusi manajemen kontingen tenaga kerja, SAP Fieldglass. “Ini merupakan perkembangan utama untuk Toll dalam membangun dirinya sebagai organisasi yang fleksibel dan berfokus pada pelanggan,” kata Grant Devonport, Toll Group Chief Financial Officer. “Sistem ini merupakan kunci untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas TI dengan  mengganti beberapa sistem warisan yang ada dengan sebuah solusi up-to-date dan berkelas.

SMRT adalah penyedia layanan transportasi multi modal pertama dan terkemuka di Singapura yang telah menjalankan perangkat lunak SAP ERP sejak tahun 2000 dan sedang meningkatkan platform ke SAP Business Suite on HANA. Dengan Suite on HANA, SMRT dapat membangun kemampuan untuk pemeliharaan yang prediktif dan keunggulan operasional yang akan membantu perusahaan untuk memprioritaskan keselamatan, layanan terpercaya dan kepuasan pelanggan.

Perusahaan Philippine Geothermal Production, mengoperasikan lapangan uap yang menghasilkan energi panas bumi. Solusi Ariba Procure-to-Pay dan Contract Management dipilih untuk transisi mereka dalam joint venture antara All-First Equity Holdings, Inc. dan Chevron. Solusi Ariba Network and Procurement akan membantu mereka untuk secara konsisten mendorong kesesuaian, mempertahankan dan meningkatkan visibilitas kontrak dan pembelian dalam organisasi.

 Meghna Group of Industries (MGI) di Bangladesh beroperasi di 30 industri yang berbeda dan memiliki lebih dari 15.000 karyawan, 3.000 distributor dan 1.000 pemasok yang berada di bawah payungnya. Dengan menerapkan SAP Business Suite powered by SAP HANA, mereka akan dapat memanfaatkan data dan wawasan untuk membantu mereka dalam membuat keputusan bisnis secara real-time. HANA menyediakan sebuah lingkungan pengembangan yang sempurna untuk meminimalkan infrastruktur, dan memberikan kesempatan dalam peningkatan diberbagai skala. Dengan HANA Enterprise Cloud, MGI mampu melakukan tahap deploy sekitar 66% lebih cepat daripada model konvensional.

Viacom 18 Media Pvt. Ltd di India, sebuah operasi 50/50 joint venture antara Viacom, Inc dan Network18 Group, mengoperasikan enam saluran hiburan umum, sebuah divisi bisnis film dan produk konsumen. Viacom 18 memilih SAP SuccessFactors disamping Oracle untuk memberikan solusi HCM kuat. Dengan pelaporan dan analitik yang handal dan mudah digunakan serta dengan antarmuka yang intuitif dan fungsi yang kuat, solusi SuccessFactors HCM akan membantu Viacom menanamkan budaya kerja berbasis kinerja.

Wipro melanjutkan perjalanan digital miliknya, SAP berfungsi sebagai platform strategis pilihan pada Wipro. Seperti kebanyakan pelanggan yang inovatif, Wipro menyederhanakan, mengoptimalkan dan mendigitalkan praktek bisnis globalnya, meningkatkan produktivitas untuk memberikan pengalaman pelanggan yang unggul. SAP Business Suite on HANA dan suite lengkap dari SAP BI akan membantu dalam menyediakan platform yang kuat untuk Wipro untuk secara cepat membangun prototipe model bisnis baru yang inovatif dan menambah wawasan real-time untuk pengambilan keputusan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: