Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Ajak Masyarakat Padang Gunakan Transaksi Keuangan Nontunai

Warta Ekonomi -

WE Online, Padang - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat mengajak masyarakat yang ada di daerah itu untuk beralih menggunakan transaksi keuangan nontunai karena sifatnya yang lebih praktis dan efisien.

"Transaksi nontunai memiliki banyak kelebihan diantara lebih aman dan praktis karena penggunanya tidak perlu repot membawa uang kartal," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Puji Atmoko di Padang, Rabu (28/1/2015).

Ia mengatakan selain lebih praktis, transaksi nontunai juga lebih hemat karena Bank Indonesia tidak perlu banyak mencetak uang kartal. Puji mengakui fasilitas untuk transaksi keuangan di Sumatera Barat belum sebanyak di daerah lain namun semua itu bergantung kepada kebijakan pemerintah setempat serta pelaku bisnis.

Jika pemerintah mau maka salah satu contoh transaksi keuangan nontunai yang dapat diterapkan di Padang adalah pembayaran tiket bus Trans Padang melalui uang elektronik menggunakan kartu, kata dia. Ia menceritakan di DKI Jakarta pemerintah setempat berkomitmen untuk mengeluarkan kebijakan untuk mendorong warga dalam melakukan transaksi keuangan nontunai untuk pembayaran kereta api dan bus Transjakarta.

Jika pemerintah daerah di Sumatera Barat juga berkomitmen untuk mendorong transaksi keuangan nontunai maka upaya meminimalisasi penggunaan uang kartal akan semakin terwujud, kata dia. Ia menambahkan transaksi nontunai juga akan menghindari terjadinya kasus pengembalian uang saat berbelanja dengan permen karena jika nontunai berapa pun nilai nominal transaksi dapat dilakukan.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus D W Martowardojo telah mencanangkan gerakan nasional nontunai dalam rangka mewujudkan masyarakat yang transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang kartal. "Dibandingkan negara ASEAN penggunaan transaksi keuangan nontunai di Indonesia masih rendah namun terdapat potensi yang besar melihat kondisi geografis dan populasi yang ada," kata dia. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: