Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia: Kami akan Perbanyak Komponen Lokal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Korporat dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Toyota Indonesia) I Made Dana Tangkas mengatakan pihaknya terus berupaya untuk memperbanyak komponen lokal di mobil buatan Toyota. Ia mengatakan hal itu sejalan dengan posisi Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor di Kawasan Asia-Pasifik.

"Sampai 2015 kita mempersiapkan base produksi, meningkatkan ekspor, dan ke depannya akan mengembangkan teknologi serta memperbanyak konten lokal," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan pernyataan Made Dana, Wakil Presiden Direktur Toyota Indonesia Warih Andang Tjahjono mengatakan bahwa saat ini telah lebih dari 90% produk Toyota yang dijual di Indonesia merupakan produksi dalam negeri. Untuk meningkatkan komponen lokal di produk Toyota maka ia menerapkan berbagai langkah produksi yang disebut Toyota Production System (TPS).

"Kami membina para supplier lokal untuk juga menerapkan TPS sehingga dapat memberikan produk dengan standar kualitas global. Ketersediaan supplier lokal yang berkualitas berperan dalam meningkatkan kandungan lokal produk-produk Toyota," jelasnya.

Warih menambahkan TPS adalah roh dari sistem produksi Toyota Indonesia yang juga menjadikan pihaknya memiliki daya saing kuat.

"Inti dari Toyota Production System (TPS) adalah mengurangi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah. Kami membuat produk sesuai waktu, jumlah, dan jenis yang diperlukan. Hal ini secara otomatis mampu meningkatkan efisiensi perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan hal itu pulalah yang berkontribusi besar bagi Toyota Indonesia dalam memberikan manfaat bagi pelanggan, yaitu mendekatkan jarak antara end user dengan manufacturer seperti kemudahan bagi pelanggan untuk memperoleh produk yang berkualitas, pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta penyelesaian permasalahan yang lebih cepat.

"Dengan keseluruhan upaya di atas, kami percaya bahwa daya saing Toyota Indonesia dapat diperhitungkan dalam dunia industri otomotif nasional," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: