Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkop: Kredit Bermasalah KUR Sangat Tinggi

Warta Ekonomi -

WE Online, Denpasar - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan kredit bermasalah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah sangat tinggi sehingga program itu terus dievaluasi dalam beberapa waktu terakhir. "NPL atau kredit bermasalah KUR itu sudah sangat tinggi, sampai 4,2 persen, jadi KUR kita evaluasi," kata Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga di Denpasar, Bali, Kamis (29/1/2015).

Ia mengatakan, angka itu sudah berada di ambang batas toleransi untuk kredit bermasalah perbankan sehingga KUR sempat dimoratorium atau dihentikan sementara penyalurannya menunggu hasil evaluasi. Salah satu evaluasi, kata dia, KUR yang paling banyak tingkat kredit bermasalahnya adalah kreditur dengan nominal pinjaman di atas Rp 20 juta. "Yang kreditur besar yang banyak masalah jadi untuk sementara kita lanjutkan untuk KUR kredit mikro saja," katanya.

Namun ia menegaskan setelah evaluasi KUR tuntas nantinya, KUR akan terus dijalankan karena dinilai masih dibutuhkan masyarakat. "Setelah selesai evaluasi KUR bisa jalan lagi," katanya. Meskipun untuk sementara ini penyaluran KUR untuk sektor mikro atau Rp20 juta dengan tanpa agunan tetap berjalan. "Hasil evaluasi terbaru juga adalah kita menaikkan plafond untuk kredit mikro tanpa agunan dari Rp20 juta ke Rp25 juta pernasabah program KUR," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: