Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apindo Nilai Pengusaha Indonesia Siap Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani menilai pengusaha Indonesia telah siap bahkan mampu memenangkan kompetisi di tingkat ASEAN pada saat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diberlakukan. "Saya punya pandangan kalau pengusaha kita justru lebih siap dibandingkan dengan negara lain," kata Hariyadi di sela-sela Rapat Kerja Apindo Sulsel di Makassar, Kamis (29/1/2015).

Hariyadi mengatakan pengusaha Indonesia justru memiliki peluang untuk memenangkan kompetisi di tingkat ASEAN. "Beberapa kali bertemu rekan-rekan pengusaha dari negara ASEAN lain, mereka justru takut melihat potensi ekspor Indonesia yang sangat besar khususnya untuk barang "consumer goods"," ujarnya.

Meski demikian Hariyadi mengatakan pemerintah perlu berperan dalam menciptakan iklim usaha yang lebih baik bagi pengusaha. Salah satu kebijakan yang dinilai positif oleh Hariyadi adalah hadirnya Perizinan Terpadu Satu Pintu, yang memudahkan pengurusan perizinan bagi pengusaha. "PTSP itu positf, hanya saja yang penting adalah bagaimana memastikan PTSP ini terkoordinasi hingga ke daerah," tambahnya.

Penerapan PTSP secara konsisten hingga ke daerah menurut Hariyadi sangat penting karena pengurusan perizinan perlu dilakukan di daerah. "Penting untuk memastikan bahwa kebijakan pemerintah daerah sejalan dengan kebijakan di pusat," tutupnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: