Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Akan Kunjungi Tiga Negara Asean Tingkatkan Kerjasama

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan berkunjung ke tiga negara ASEAN yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 5-9 Februari 2015 dengan tujuan utama meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

"Tidak hanya silaturahmi, ini kunjungan kenegaraan, itu paling tinggi dalam hubungan bilateral. Dan substansinya saya sudah sampaikan (kepada Presiden) terkait upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi," kata Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir di Kompleks Istana Negara Jakarta, Jumat (30/1/2015), setelah diterima Presiden RI.

Menurut dia, karena merupakan kunjungan kenegaraan maka Presiden akan dijadwalkan bertemu dengan kepala negara dan perdana menteri dari tiga negara tersebut. Sampai saat ini, ia menambahkan, masih dilakukan persiapan terkait kunjungan tersebut. "Dan kunjungan sangat substantif, selain kunjungan pertama Presiden ke negara ASEAN, ini tahap pertama kunjungan terhadap negara sahabat di Asia Tenggara," katanya.

Untuk fokus pembicaraan di masing-masing negara, Fachir mengatakan masing-masing ada tekanannya meskipun sebagian besar terkait masalah ekonomi, kerja sama ekonomi, dan perdagangan. "Kemudian masalah warga, kalau untuk Malaysia, Brunei seperti itu juga, Filipina juga seperti itu," katanya. Ke depan ia memastikan akan ada kunjungan lagi yang dijadwalkan setelah ada kesepakatan dengan kedua belah pihak negara yang dikunjungi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: