Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Lebih Pilih LRT Dibandingkan MRT

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai pembangunan "Light Rapid Transit" (LRT) lebih mudah dibandingkan monorel.

"Secara teknis, pembangunan LRT lebih mudah dibandingkan monorel. Sehingga, lebih baik kita bangun LRT dari pada monorel," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (30/1/2015).

Menurut dia, walaupun pembangunan LRT batal dianggarkan didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI, pihaknya optimis rencana tersebut tetap dapat direalisasikan. "Pembatalan itu memang benar. Maka dari itu, dalam pembangunannya nanti kita akan libatkan pihak swasta serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)," ujar Basuki.

Dia menuturkan, meskipun melibatkan pihak swasta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI maupun swasta juga akan mendapatkan dari keuntungan dari proyek tersebut. "Secara keseluruhan, kalau dihitung-hitung lagi, Pemprov DKI dan swasta akan sama-sama untung dari proyek LRT. Toh ini merupakan proyek untuk transportasi umum," tutur Basuki.

Selain itu, dia pun menargetkan pembangunan fisik sarana transportasi massal tersebut dapat dimulai sesegera mungkin pada tahun ini, sehingga diharapkan telah rampung saat penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang. "Kita mau kejar pembangunan LRT supaya bisa rampung saat Asian Games. Transportasi ini kan juga dibangun untuk mendukung kelangsungan Asian Games di Jakarta nanti. Jadi, kita targetkan tiga tahun sudah selesai," ungkap Basuki. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: