Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Jadikan Pesantren Sebagai 'Pilot Project' Bisnis Syariah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) bersiap membantu pengembangan bisnis syariah di lingkungan pondok pesantren dalam upaya mewujudkan kemandirian ekonomi lembaga pendidikan Islam yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air itu.

"Beberapa pesantren sudah diidentifikasi sebagai 'pilot project'. Pada tahap awal akan dimulai di beberapa pesantren yang sudah memiliki model bisnis seperti Pesantren Al Ittifaq di Jawa Barat dan Pesantren Sidogiri di Jawa Timur," kata Pelaksana Subdit Pendidikan Pesantren Kementerian Agama RI, Mohammad Zen di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Mohammad Zen mengemukakan keterangan tersebut usai bertemu dengan Direktur Pengembangan Akses Keuangan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bank Indonesia Yunita Resmi Sari di Jakarta.

Dia menjelaskan, pertemuan dengan pihak BI itu merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Agama dengan BI yang ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Gubernur BI Agus DW Martowardojo pada 5 November 2014 di Surabaya. Nota kesepahaman tersebut berisi tentang pengembangan kemandirian ekonomi lembaga pondok pesantren dan peningkatan layanan nontunai transaksi keuangan di lingkungan Kementerian Agama.

Saat ini pihak Bank Indonesia sudah merancang beberapa kegiatan untuk memulai pengembangan bisnis tersebut. Salah satunya adalah menyusun model dan memetakan bisnis proses dari beberapa pondok pesantren yang akan menjadi "pilot project".

BI juga sedang mengidentifikasi berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Agama untuk dikembangkan menjadi transaksi non tunai.

Di sisi lain Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren berperan mengidentifikasi potensi pondok pesantren yang bisa dikembangkan sebagai model pengembangan bisnis syariah.

Salah satu pondok pesantren yang sudah berhasil mengembangkan bisnis perbankan syariah adalah Pondok Pesantren Sidogiri di Jawa Timur.

Pondok pesantren tersebut mengembangkan koperasi dan Baitul Mal waTamwil (BMT) di beberapa provinsi. Sampai tahun 2013 pondok itu telah mengoperasikan 80 kantor pelayanan koperasi dan 322 kantor pelayanan BMT dengan total asset mencapai Rp 1,3 triliun dan kas senilai lebih dari Rp 7 triliun.

Sementara pondok pesantren Al Ittifaq di Jawa Barat yang bergerak dalam bidang agribisnis, saat ini telah mampu memasok tiga sampai empat sayuran ton setiap hari ke berbagai waralaba, restoran, hotel, dan rumah sakit di Bandung serta Jakarta.

Pesantren Al Ittifaq kini mengelola 14 hektare lahan dengan 132 macam sayuran organik dan semiorganik yang dikelola 326 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya BI juga sudah menjalin kerja sama untuk pengembangan kapasitas dan usaha dengan 17 pondok pesantren di beberapa daerah di Jawa Timur. (Ant)

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: