Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI Pelopori Penayangan Informasi Edukasi Keuangan di TVRI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk penyebaran dan penyiaran informasi edukasi keuangan, Kamis (26/2/2015).

BNI sebagai BUMN yang bergerak di bidang perbankan, memiliki fungsi perpanjangan tangan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. BNI sebagai agent of development selalu berupaya untuk memberikan informasi serta edukasi keuangan kepada masyarakat sebagai wujud dari misi bisnis ke-4 BNI yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

BNI selalu melakukan terobosan dan inisiatif bekerjasama dengan pihak eksternal untuk penyebaran informasi dan pendidikan edukasi keuangan. Hal ini sejalan dengan kewajiban BNI sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  selaku regulator dalam perluasan akses keuangan ke seluruh lapisan masyarakat. Peran BNI dalam perluasan akses keuangan ini diberikan dalam bentuk informasi yang edukatif melalui tayangan sinetron sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh lapisan masyarakat menengah bawah.

BNI menjadi pelopor penyebaran informasi tentang edukasi keuangan melalui tayangan edukatif di TVRI karena TVRI-sebagai Lembaga Penyiaran Publik milik pemerintah- memiliki potensi yang sangat besar sebagai saluran informasi dan komunikasi publik untuk pembelajaran perencanaan keuangan kepada masyarakat di pelosok nusantara.

"BNI berinisiatif mempelopori cara baru penyebaran informasi dan edukasi keuangan sebagai investasi komunikasi jangka panjang yang kedepannya dapat menghasilkan imbal balik finansial dari meningkatnya pemahaman (awareness) masyarakat terhadap keuangan sehingga apabila masyarakat sudah aware, akan mempermudah akses masyarakat ke lembaga keuangan dan BNI sebagai PUJK akan mendapatkan imbal balik finansial dari investasi komunikasi jangka panjang tersebut," demikian jelas Gatot M, Suwondo – Direktur Utama BNI.

Dalam mengemban salah satu misi bisnis BNI yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial, BNI konsisten dalam membantu pengembangan pertumbuhan industri yang tumbuh di komunitas masyarakat. Salah satunya yaitu pengembangan industri kreatif. Serangkaian kepedulian BNI dalam mewujudkan Corporate Community Responsibility di industri kreatif adalah mendukung pendirian Kampoeng BNI utk komunitas industri rumahan yang dibangun dengan kearifan lokal, mendukung industri perfilman dimana BNI telah mendukung pembuatan film Tabula Rasa tentang keunikan kuliner Indonesia dan Film Pendekar Tongkat Emas tentang ajaran luhur silat Indonesia sehingga akar dan warisan budaya Indonesia tetap terjaga kelestariannya.

Saat ini BNI berinisiatif mendukung Sinetron Rindu Satpam Kita sebagai penyebaran informasi edukatif karena didalamnya menyertakan informasi tentang pentingnya menabung dan melakukan pengelolaan keuangan. Diharapkan melalui tayangan sinetron ini di TVRI , akses pemahaman keuangan masyarakat dapat meningkat sehingga turut mendukung pertumbuhan financial inclusion di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: