Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jaga Stabilitas Keuangan, OJK Perlu Kerja Sama Sinergis Antar-Institusi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta agar industri jasa keuangan terus mengedepankan nilai-nilai tata kelola organisasi yang baik (good corporate governance) untuk meningkatkan kredibilitas bisnis jasa keuangan sehingga mampu menjaga dan memperkuat stabilitas sektor jasa keuangan di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto saat membuka expert group discussion soal ketahanan sektor jasa keuangan Indonesia di Kantor OJK, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Selain mendorong penerapan GCG, Rahmat menuturkan kerja sama yang sinergis antara OJK, Bank Indonesia, dan Kementerian Keuangan untuk menjaga stabilitas sektor keuangan, stabilitas moneter, dan fiskal harus terus ditingkatkan untuk menjawab berbagai kemungkinan ancaman krisis di sektor keuangan.

"Dengan interaksi yang kondusif antara pengambil kebijakan mikroprudensial dan makroprudensial, kebijakan fiskal dan kebijakan moneter, upaya mendorong ketahanan sektor jasa keuangan, dan pertumbuhan ekonomi pada kondisi normal ataupun krisis dapat berjalan secara efektif dan berkelanjutan," kata Rahmat.

Rahmat yakin bahwa dengan penerapan tersebut maka Indonesia akan tahan dari berbagai gejolak perekonomian baik dari domestik maupun luar negeri.

"Indonesia berpengalaman untuk keluar dari dampak tekanan keuangan seperti pada tahun 2008 dan 2013 karena kemampuan untuk mengelola ketahanan di sektor jasa keuangan," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: