Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bulog Sampit Akan Gelar Operasi Pasar Beras

Warta Ekonomi -

WE Online, Sampit - Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, siap menggelar operasi pasar beras murah jika pemerintah daerah setempat memintanya.

"Operasi pasar beras murah itu bisa diputuskan oleh pemerintah kabupaten. Kalau diperintahkan melakukan operasi pasar, Bulog siap melakukan," kata Kepala Sub Divisi Regional Sampit, Zaindraweli di Sampit, Jumat (27/2/2015).

Harga beras di Kaltim memang mengalami sedikit kenaikan, khususnya beras kemasan kualitas premium yang didatangkan dari pulau Jawa. Sebagian warga ada yang mengeluhkan kenaikan itu, namun ada pula yang menganggap kenaikannya masih wajar.

Terkait kenaikan harga ini, Bulog secara khusus bisa mengintervensi mengingat masalah ini menjadi wewenang pemerintah daerah, khususnya Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar. Bulog bertugas menjaga stabilitas ketersediaan stok beras di daerah agar tidak sampai kosong. Begitu pula jika ada permintaan operasi pasar, Bulog bertugas menyiapkan beras yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut.

Zaindraweli menyatakan, stok beras di Kotim saat ini aman untuk beberapa bulan ke depan. Bulog masih memiliki stok beras sebanyak 1.251 ton. Jumlah itu akan ditambah dengan pasokan sebanyak 2.000 ton yang saat ini masih dalam perjalanan karena didatangkan dari luar Kalimantan.

Sementara itu, pasokan beras ke pasaran Kotim sebagian berasal dari petani lokal. Selain itu, tidak sedikit pula pedagang yang mendatangkan beras dari Pegatan Kabupaten Katingan dan Banjarmasin Kalimantan Selatan. (Ant)


Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: