Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mensos: Distribusi Raskin Mampu Reduksi Harga Beras

Warta Ekonomi -

WE Online, Bogor - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan, penyaluran beras untuk warga miskin secara tepat sasaran bisa mereduksi harga beras 50 sampai 60 persen.

"Titik-titik yang sudah saya monitor, ketika raskin didistribusikan secara tepat waktu dan tepat sasaran ini bisa mereduksi harga beras 50 sampai 60 persen," kata Mensos usai menghadiri acara wisuda di Pondok Pesantren Tansyitul Muta'allimin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/3/2015).

Oleh karena itu, ia meminta raskin segera didistribusikan. Khofifah mengakui keterlambatan pendistribusian raskin di sejumlah wilayah, hingga Jumat (27/2/2015), karena Sabtu (28/2/2015) dan Minggu (1/3/2015)tidak ada distribusi, sehingga jumlah yang sudah disalurkan baru 45 persen dari total distribusi nasional.

Dikatakannya, raskin untuk November dan Desember 2014 sudah dibagikan pada Januari 2015. Sedangkan, raskin untuk Januari 2015 baru diluncurkan secara resmi 28 Januari, sehingga proses distribusi untuk Februari 2015 kembali terlambat.

"Besok sudah 2 Maret, jadi awal bulan ini saya minta tolong untuk raskin segera didistirbusikan. Kalau yang Februari belum didistribusikan, saya minta tolong disalurkan untuk dua bulan itu sekaligus," katanya.

Menteri menyatakan, stok beras di Bulog untuk raskin tersebut cukup, begitu juga dengan anggaran untuk penyaluran raskin sudah tersedia, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendistribusikannya. "Supaya gejolak harga beras di pasaran itu bisa mengalami proses penetrasi dari distribusi raskin," katanya.

Ia mengatakan, beras raskin menyasar 15,5 warga miskin sesuai target sasaran yang setiap keluarga mendapat 15 kilogram per bulan dengan anggaran yang digelontorkan sebesar Rp18,8 triliun.

"Kita tidak bisa bergerak dari APBN yang memang mengalokasikan anggaran Rp18,8 triliun. Pada posisi itu kalau per keluarga mendapat 15 kg beras raskin per bulan bisa mencover 15,5 juta rumah tangga miskin," katanya.

Mensos menambahkan, jika kemudian ada perluasan, maka masing-masing daerah sesuai dengan kuota yang ada bisa menyampaikan usulan kemungkinan dilakukan redistribusi tambahan.

"Tetapi, tetap kuotanya untuk 15,5 juta RTS per keluarga mendapat 15 kg dan dananya Rp18,8 triliun," kata Mensos. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: