Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Tuntut Pemerintah Jalankan Distribusi Elpiji Tertutup

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Widya Yudha meminta pemerintah segera menjalankan pola pendistribusian elpiji subsidi tiga kg secara tertutup.

"(Distribusi tertutup) ini untuk mengantisipasi migrasi besar-besaran dari masyarakat pengguna elpiji 12 kg ke tiga kg," katanya dalam suatu diskusi di Jakarta, Minggu (1/3/2015).

Hadir pula dalam diskusi Menteri ESDM Sudirman Said dan Wakil Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Rully Ulyes. Satya mengatakan, selama ini pemerintah masih menggunakan pola subsidi terbuka sehingga masyarakat secara bebas membeli elpiji tiga kg.

"Apabila, masih menggunakan pola terbuka, itu berarti sama saja membengkakkan subdisi elpiji, karena nantinya banyak masyarakat yang beralih ke elpiji tiga kg," kata politisi Partai Golkar tersebut.

Ia melanjutkan, dampak buruk migrasi adalah ketersediaan elpiji tiga kg untuk kalangan bawah menjadi berkurang. "Jadi, stok elpiji 12 kg akan banyak, namun yang tiga kg akan berkurang," tuturnya.

Satya berharap, pemerintah segera menyosialisasikan distribusi tertutup elpiji tiga kg tersebut. PT Pertamina (Persero) memutuskan harga elpiji nonsubsidi 12 kg mulai 1 Maret 2015 mengalami kenaikan sebesar Rp5.000 per tabung menjadi Rp134.000 dari sebelumnya Rp129.000 yang berlaku sejak 19 Januari 2015.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, pertimbangan kenaikan harga elpiji 12 kg yang nonsubsidi tersebut semata-mata dikarenakan peningkatan harga pasar elpiji sesuai patokan kontrak (contract price/CP) Aramco. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: