Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia: Pengembangan Manusia Sangat Penting

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Toyota Indonesia) mengatakan pihaknya berusaha untuk terus meningkatkan kualitas produk sehingga perlu juga mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut karena kualitas produk sangat ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki.

"Oleh karena itu, development orang sangat penting. Orang sebagai subjek karena oranglah yang berperan besar agar produk bagus. Makanya, kami fokus mengembangkan learning centre. Kalaupun nanti robot semakin banyak, man power tetap penting. Mesin tetaplah mesin yang operasikan mesin agar tetap smooth manusia juga," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Indonesia Warih Andang Tjahjono di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Warih mengatakan pihaknya akan mengembangkan SDM yang terampil, kompeten, dan kompetitif guna mempertahankan dan meningkatkan posisi di pasar domestik dan ekspor. Ia menjelaskan pihaknya menaruh perhatian besar dalam mengembangkan SDM melalui beragam aktivitas kerja sama agar pelanggan bisa mendapatkan produk dan pelayanan berkualitas tinggi dari hulu ke hilir.

"Sesuai dengan semangat we make people before we make products kami percaya bahwa SDM yang andal merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan layanan kami," katanya.

Demi menciptakan SDM yang andal tersebut, ia menjelaskan Toyota Indonesia telah mempersiapkan beberapa langkah seperti membangun pusat pelatihan terpadu yang disebut dengan TMMIN Learning Center. Ia menambahkan pusat pelatihan terpadu itu merupakan tempat seluruh karyawan dilatih agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar global Toyota.

"Selain itu, dalam hal pengembangan SDM kami juga memiliki beberapa instrumen seperti aktivitas gugus kendali mutu atau quality control circle (QCC) yang melatih para karyawan untuk bersikap kritis dalam memecahkan sebuah permasalahan," imbuhnya.

Ia pun memastikan kualitas SDM Toyota Indonesia sudah dapat disejajarkan dengan kualitas SDM Toyota di kawasan Asia-Pasifik.

"Beberapa waktu lalu tim atau karyawan kami berhasil mendapatkan peringkat tiga besar di ajang kompetisi keahlian bagi afiliasi Toyota di kawasan Asia Pasifik," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: