Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Halilhodzic Resmi Jadi Pelatih Jepang

Warta Ekonomi -

WE Online, Tokyo - Vahid Halilhodzic asal Bosnia sepakat untuk menjadi pelatih baru tim nasional Jepang menyusul pemecatan Javier Aguirre asal Meksiko, kata ofisial sepak bola Jepang pada Kamis (5/3/2015).

Direktur teknik Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) Masahiro Shimoda berkata kepada para pewarta, "Komite teknik memutuskan untuk merekomendasikan Halilhidzic kepada dewan eksekutif sebagai pelatih Jepang berikutnya." Penunjukan Halilhodzic (62), yang membawa Aljazair ke fase gugur Piala Dunia untuk pertama kalinya tahun lalu, diharapkan akan diformalkan setelah pertemuan dewan JFA pada 12 Maret.

JFA memecat Aguirre setelah kegagalan Jepang di Piala Asia pada Januari di tengah tudingan-tudingan keterlibatan dalam pengaturan pertandingan saat dirinya masih berkarir di Spanyol.

Halilhodzic ditawarkan gaji sekitar dua juta euro sampai Piala Dunia Rusia 2018 setelah membawa Aljazair ke putaran 16 besar di Brazil.

Jepang tersingkir lebih awal di Piala Dunia tahun lalu di bawah asuhan pelatih asal Italia Alberto Zaccheroni, sebelum upaya mereka mempertahankan gelar Piala Asia berakhir memalukan di perempat final akibat disngkirkan Uni Emirat Arab melalui adu penalti di Sydney.

Dengan masalah-masalah korupsi berputar di benak Aguirre, para petinggi JFA memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan satu mata menatap perjalanan Jepang di kualifikasi Piala Dunia, yang dimulai pada Juni. Idealnya para ofisial Jepang akan mendapatkan Halilhodzic sebagai arsitek tim pada pertandingan persahabatan melawan Tunisia di kandang sendiri pada 27 Maret, dan Uzbekistan empat hari kemudian.

Pria Bosnia ini meninggalkan pekerjaannya di Aljazair dengan berurai air mata meski presiden negara itu Abdelaziz Bouteflika memintanya untuk bertahan, dan diperkenalkan ke JFA oleh rekan senegara dan mantan pelatih Jepang Ivica Osim.

Mantan pemain internasional Denmark dan pelatih Swansea City Michael Laudrup dan pria Italia Luciano Spalletti, yang memimpin Zenit St Petersburg meraih dua gelar Rusia pada masa kepelatihan terakhirnya, merupakan calon kandidat lain yang dikaitkan dengan pekerjaan sebagai pelatih timnas Jepang. Mantan pelatih Inggris Glenn Hodle dan pria Jerman Felix Magath juga disebut-sebut sebagai kandidat potensial. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: