Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Permintaan Uang Tunai Masyarakat Gorontalo Naik

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Permintaan uang tunai masyarakat di Provinsi Gorontalo terus mengalami peningkatan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut yang terus naik.

"Permintaan uang di Gorontalo rata-rata tumbuh di atas tujuh persen, tentunya kebutuhan uang tunai juga mengalami peningkatan," kata Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Achmad Kosasih, usai penandatanganan lanjutan kerja sama antara BI dan Bank Mandiri sebagai kas titipan, di Manado, Jumat (6/3/2015)

Achmad mengatakan ekonomi di Gorontalo tumbuh cukup pesat, sehingga kas titipan itu sangat penting, seperti yang dilakukan saat ini sebanyak Rp200 miliar di Bank Mandiri Gorontalo. Ia mengatakan BI sebagaimana diamanahkan oleh UU dalam memenuhi uang kartal di masyarakat dalam kondisi layak edar sehingga uang yang disiapkan BI selalu baru.

Kebutuhan uang tunai yang tinggi di Gorontalo saat ini tercermin pula pada pertumbuhan kredit di tahun 2014 sebesar 22 persen juga diikuti dana pihak ketiga (DPK) naik 11 persen.

"Maka diperlukan lebih banyak lagi uang tunai di daerah tersebut, guna memenuhi permintaan masyarakat," jelasnya.

Di Gorontalo, katanya, ada sebanyak lima kabupaten dan satu kota yang terus mengalami pertumbuhan. BI, katanya, sangat berterima kasih kepada Bank Mandiri yang sejak tahun 1992 telah menjadi perpanjangan tangan BI Gorontalo, karena BI di Gorontalo nanti hadir di tahun 2008 namun masih disuplai dari BI Sulut.

Head Area Bank Mandiri Manado Hotman Nainggolan mengatakan kerja sama ini akan terus dibina, karena sangat membantu dan memberikan efek positif bagi ekonomi di daerah tersebut.

"Kami akan terus melakukan koordinasi baik di Manado dan Gorontalo sehingga kas titipan tersebut dapat berjalan dengan baik," jelasnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: