Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat Perkirakan Islah Golkar Tentukan Perombakan Kabinet

Warta Ekonomi -
 

WE Online, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing memperkirakan islah pada Partai Golkar menjadi salah satu faktor penentu dalam "reshuffle" (perombakan) Kabinet Kerja.

"Kondisi politik di Golkar akan menentukan 'reshuffle' kabinet dalam pemerintahan Jokowi-JK. Saya memperkirakan sebelum Golkar islah maka reshuffle tak akan dilakukan," katanya di Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Ia menjelaskan, Golkar menjadi salah satu kondisi obyektif untuk melakukan perombakan kabinet. Dengan Golkar yang bersatu dan kuat, maka bila merapat ke Pemerintahan akan menambah daya politik Jokowi, terutama di Parlemen.

Apalagi, menurut dia, saat ini hubungan antara Presiden Jokowi dan partai pengusung terutama PDIP, terlihat kurang mesra. Sementara partai lainnya seperti Nasdem, PKB dan Hanura masih menunggu dan melihat-lihat situasi dan kondisi.

Jokowi, menurut dia, memiliki kartu truf untuk menggait Golkar yaitu Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Posisi Jusuf Kalla sebagai Tokoh Golkar dan Wakil Presiden, ini yang diharapkan Jokowi agar Golkar dapat merapat ke gerbong pemerintah dan mengendalikannya," ucapnya.

Dengan tambahan dukungan dari Partai Golkar tersebut, diharapkan pemerintahan semakin kuat, terutama untuk menyukseskan program-program kerjanya.

Ia memperkirakan, perombakan kabinet baru akan terlaksana pada 2016, saat masalah Golkar telah selesai. "Tentu nantinya alasan reshuffle bukanlah karena politik, namun lebih pada karena kinerja para menteri," tukasnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: