Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kominfo Jajaki Kerja Sama dengan Rusia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menjajaki kerja sama dengan Rusia dalam bentuk beasiswa di bidang teknologi informasi dan komunikasi di negeri Beruang Merah.

"Selama ini, Kominfo membiayai beasiswa mahasiswa Indonesia ke beberapa negara, seperti Inggris, Australia, Belanda, Korea Selatan, dan Jepang. Setelah ini, kami ingin menjajaki kerja sama dengan Rusia," kata Sekretaris Jenderal Kominfo Suprawoto di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Pernyataan ini disampaikan Suprawoto setelah acara dialog media bertajuk "Global Media, Global Challenges" yang juga menghadirkan Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin sebagai pembicara. Menurut Suprawoto, sampai tahun 2015, terdapat 200 orang mahasiswa Indonesia yang menyelesaikan kuliahnya di luar negeri atas biaya Kominfo. "Jumlah itu belum termasuk beasiswa di dalam negeri," ujar dia.

Selama ini, lanjut dia, kendala kerja sama dengan Rusia adalah bahasa. "Universitas-universitas di negara itu hampir 70 persen berbahasa Rusia dan hanya 30 persen yang berbahasa Inggris. Ini yang menjadi kendala," kata Suprawoto.

Pihak Kominfo sendiri akan membicarakan kemungkinan beasiswa itu dengan Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Masyarakat Rusia Alexei K. Violin yang mengadakan kunjungan selama empat hari di Indonesia, mulai dari Senin (23/3/2015) hingga Kamis (26/3/2015).

Penjajakan kerja sama ini disambut baik oleh Ketua Dewan Pers Bagir Manan, yang ditemui pada kesempatan yang sama. "Saya rasa kerja sama pendidikan ini sangat baik. Namun, harus membekali diri dengan kemampuan berbahasa Rusia karena mayoritas universitas di sana masih menggunakan bahasa ibu," ujar Bagir.

Sementara itu, dialog media bertajuk "Global Media, Global Challenges" menghadirkan empat orang sebagai pembicara, yaitu Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, Kepala Pusat Kerja Sama Internasional Kominfo Ikhsan Baidirus dan Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk. Bambang Harymurti.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Wakil Menteri Telekomunikasi dan Komunikasi Rusia Alexei K. Violin juga akan berkunjung ke media-media Indonesia dan membicarakan beberapa kerja sama dengan pemerintah, seperti pelaksanaan "e-government". (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: