Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manulife Aset Manajemen Indonesia Raih Penghargaan 'Best Fund House'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia, berhasil meraih penghargaan Best Fund House di tengah pesatnya perkembangan di ndonesia. Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur MAMI, juga mendapatkan penghargaan "CEO of the Year". Penghargaan bergengsi ini dianugerahkan oleh Asia Asset Management, perusahaan media internasional yang memberikan penghargaan bagi perusahaan manajer investasi terkemuka di 12 negara, dalam acara tahunannya Best of the Best Awards.

Best Fund House Award

Legowo mengatakan, "Kami sangat bangga mendapatkan pengakuan dari Asia Asset Management sebagai Best Fund House di Indonesia. Penghargaan yang diperoleh melalui proses seleksi yang ketat ini, menggambarkan bahwa rekan-rekan di industri internasional mengakui kehandalan kami dalam pengelolaan investasi, layanan nasabah yang berkualitas, dan beragam produk investasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan investor. Kami akan terus melakukan inovasi dan mengutamakan kepentingan investor dalam pelaksanaan kegiatan bisnis kami," katanya.

Tan Lee Hock, Publisher and Founder dari Asia Asset Management mengatakan, "Banyak sekali perusahaan manajer investasi yang beroperasi di Indonesia, baik perusahaan lokal maupun perusahaan asing, ikut serta dalam kompetisi ini. Melalui proses seleksi yang ketat, MAMI berhasil mendapatkan pengakuan sebagai Best Fund House di Indonesia berdasarkan beragam penilaian, seperti memiliki pangsa pasar yang kuat, pertumbuhan dalam jalur distribusi pemasaran, tim manajemen yang kuat, kemampuan tim investasi, proses operasional, layanan nasabah dan penjualan, serta program edukasi ke masyarakat," ujarnya.

Legowo menambahkan, "Kami memiliki 18 orang anggota tim investasi yang profesional dan berpengalaman, dengan rata-rata pengalaman selama lebih dari 12 tahun di industri, yang mengelola beragam produk investasi saham mapun pendapatan tetap bagi para investor kami. Tim investasi kami pun didukung oleh jaringan Manulife Asset Management, melalui 140 tenaga investasi profesional yang berada di sembilan negara Asia lainnya. Kami juga memiliki tim compliance dan risk management yang terbesar di Indonesia, untuk memastikan agar semua pengambilan keputusan investasi selalu mengutamakan kepentingan untuk menjaga aset para investor," tambahnya.

Memiliki dana kelolaan sebesar Rp 52,3 triliun (per 31 Desember 2014), menjadikan MAMI sebagai salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia. MAMI menawarkan beragam produk reksa dana bagi investor individu melalui 18 mitra pemasaran serta melalui tim Retail Sales and Services. Tim Retail Sales and Services ini beranggotakan lebih dari 50 orang yang bertugas melayani investor MAMI di seluruh Indonesia melalui enam Point of Sales and Services (POSS). Sementara itu, MAMI juga memasarkan reksa dana melalui16 bank lokal dan bank asing. Tidak berhenti sampai disitu, MAMI juga bekerja sama dengan dua perusahaan sekuritas dalam mendistribusikan dan menjual produk reksa dananya melalui internet. Di kalangan  investor institusi, reputasi baik MAMI telah dikenal luas, sehingga MAMI dipercaya untuk mengelola lebih dari 30 Kontrak Pengelolaan Dana (KPD).

MAMI juga telah memposisikan dirinya sebagai perusahaan manajer investasi terpercaya melalui beragam program edukasi. MAMI secara terus-menerus menekankan pentingnya berinvestasi sejak dini bagi para pelajar, keluarga muda, guru, komunitas, karyawan, pengusaha, wartawan, hingga pengemudi taksi melalui beragam kegiatan edukasi yang tepat sasaran. Salah satu contoh kegiatan edukasi yang dilakukan adalah BikinFiiilm, sebuah kompetisi film pendek yang mengusung tema 3i (insyaf, irit, invest – tiga langkah sadar investasi dari MAMI), yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi sekitar 200 orang pelajar berusia 15-25 tahun. Kompetisi ini melibatkan pembimbing dari MAMI dan para profesional di industri perfilman. Pada November 2014, MAMI juga menyelenggarakan Lunch Attack, sebuah kegiatan yang dilakukan pada waktu makan siang di kantin terbuka yang berada di area perkantoran, dengan melibatkan stand-up comedian dalam mempromosikan konsep 3i.

Legowo Kusumonegoro, CEO of the Year

Selain MAMI yang meraih penghargaan sebagai Best Fund House, Presiden Direktur MAMI, Legowo Kusumonegoro, juga meraih penghargaan sebagai CEO of the Year. Sejak bergabung dengan MAMI pada tahun 2010, Legowo berhasil membawa MAMI menjadi perusahaan yang strong, reliable, trustworthy dan forward-thinking (kuat, dapat diandalkan, terpercaya, dan berpikiran maju). Dibawah kepemimpinannya, MAMI telah mendapatkan beragam pengakuan, termasuk penghargaan Fund House of the Year dari AsianInvestor pada tahun 2013 dan Best Fund House dari Bisnis Indonesia pada tahun 2014. Penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management pada tahun 2015 ini turut menambah daftar pengakuan yang diterima MAMI.

Legowo percaya, bahwa untuk menjadi perusahaan manajer investasi yang sustainable di Indonesia, harus memiliki tim yang benar dan juga menerapkan strategi perusahaan yang fokus kepada nasabah. Legowo memperlakukan seluruh karyawan MAMI, yang biasa disebut dengan “Anak MAMI”, sebagai para profesional yang dapat ia andalkan dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan yang berfokus pada kebutuhan para investor. Dalam kurun waktu empat tahun sejak masa kepemimpinannya, tim MAMI berhasil mencapai pertumbuhan dana kelolaan sebesar 86,5% menjadi Rp 52,3 triliun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: