Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinergikan Percepatan Swasembada, Kementan Gelar Rakernas

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pada tahun 2015  Kementerian Pertanian mendapatkan tambahan anggaran melalui APBN-P tahun 2015 sebesar Rp 16,9 triliun. Dengan APBN refocusing sebesar Rp 15,9 triliun sehingga total anggaran Kementan pada tahun anggaran 2015 sebesar Rp 32,8 triliun.

Dengan anggaran tersebut diharapkan dalam tiga tahun Indonesia dapat mencapai swasembada pangan, khususnya untuk komoditas padi, jagung, kedelai, gula, daging sapi, cabai merah, dan bawang merah.

Lalu bagaimana program dan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencapai target tersebut? Menjawab pertanyaan tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) hari ini menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan tema Upaya Khusus Percepatan Swasembada Pangan dan Peningkatan Produksi Komoditas Strategis APBN-P  Tahun Anggaran 2015 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Senin (30/3/2015).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka Rakornas sekitar pukul 10.30 WIB. Rakornas ini dihadiri para pejabat eselon satu lingkup Kementan, kepala dinas/kepala badan lingkup Kementan seluruh Indonesia, serta Dirut Perum Bulog dan Dirut PT Pertani.

Kepala Biro Perencanaan  Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono mengatakan ada tiga tujuan rakernas pagi ini. Pertama membahas upaya khusus percepatan pencapaian swasembada pangan dan peningkatan produksi komoditas strategis. Kedua membahas operasionalisasi integrasi kegiatan pelaksanaan program kegiatan dan anggaran APBN-P 2015 untuk percepatan swasembada pangan. Dan ketiga mengoordinasikan pelasaksanaan program sesuai dengan sasaran dan peraturan yang berlaku. 

"Keluaran yang diharapkan ialah pertama rumusan strategis percepatan swasembada pangan, kedua pemantapan operasionalisasi integrasi pelaksanaan program dan anggaran tahun 2015 dan ketiga rumusan strategis pelaksanaan program yang sesuai dengan sasaran," katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penyelenggaraan kegiatan rakernas khusus percepatan swasembada pangan ini dilaksanakan selama satu hari. Untuk pembahasan teknis lebih rinci beberapa dirut eselon satu akan mengadakan rapat teknis dengan kepala dinas kabupaten/kota.

"Rakernas dihadiri lebih dari 650 peserta dari baik dari pusat maupun daerah. Dari pusat baik dari pejabat eselon satu dan dua Kementan dan para mitra yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan khusus swasembada pangan serta instansi dan lembaga terkait," tambahnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: